Wujudkan Visi Misi Pemprov, Gubernur Sumbar Teken Nota Kesepakatan dengan Rektor Unand

30 April 2021
Penandatanganan Nota Kesepakatan dan Rencana Kerja Penandatanganan Nota Kesepakatan dan Rencana Kerja Universitas Andalas

Padang (Unand) – Dalam rangka mewujudkan visi dan misi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yakni peningkatan produksi pertaniandan pendapatan petani serta percepatan perekonomian bidang perkebunan, peternakan, kehutanan, kelautan dan perikanan.

Pemerintah Provinsi Sumbar menjalin kerja sama dengan Universitas Andalas yang ditandai dengan penandatangan Nota Kesepakatan dan Rencana Kerja oleh Gubernur Mahyeldi dan Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri, MH pada Kamis (29/4) di Istana Gubernuran.

Gubernur Sumbar Mahyeldi menyampaikan perlunya kerja sama yang baik antar daerah dan lintas sektoral dilingkup regional maupun global berdasarkan skala prioritas kebutuhan masing-masing yang didukung dengan pemahaman dan penguasaan terhadap aspek-aspek. 

“Dengan pemahaman dan penguasaan aspek kerja sama yang baik, maka dapat menjadi salah satu potensi untuk mendukung dan mengisi celah pembangunan yang belum dapat dipenuhi seutuhnya oleh Pemerintah, baik untuk program pembangunan,” ucap Gubernur.

Oleh karena itu, kolaborasi dan networking dikatakannya menjadi kunci keberhasilan pembangunan sebuah pemerintahan daerah.

Saat ini, Pemerintah Provinsi Sumbar terus berupaya melakukan percepatan pemulihan perekonomian dengan mengandalkan potensi disektor unggulan melalui sinergitas dengan beberapa pihak, termasuk dengan Universitas Andalas.

Gubernur berharap sinergitas antara kedua belah pihak ini terimplementasikan sesuai dengan rencana kerja yang disusun sehingga kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat yang dicita-citakan bersama dapat terwujud.

Disamping itu, diharapkannya Universitas Andalas bisa menjadi katalisator Pembangunan Sumbar serta menunjang Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, yaitu “Mewujudkan Sumatera Barat Madani yang Unggul dan Bekelanjutan.

Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri mengemukakan dengan adanya penandatanganan nota kesepakatan ini dan ditindak lanjuti dengan rencana kerja merupakan bagian dari komitmen bersama sehingga pengembangan-pengembangan dalam lingkup kerja sama ini dapat diwujudkan.

“Dari komitmen itu, Universitas Andalas tentunya sebagai lembaga pendidikan tinggi di Sumbar punya berbagai program dan juga potensi yang dimiliki, dan itu akan menjadi bagian utama untuk diwujudkan terutama dalam pengembangan pendidikan, penelitian dan pengembangan masyarakat,” ungkap Rektor.

Sebagai bagian dari komitmen tersebut dalam kondisi dan situasi saat ini, Universitas Andalas terlibat aktif dalam berbagai upaya-upaya penanganan dampak covid terhadap bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi.

Turut hadir dalam penanganan nota kesepakatan dan rencana kerja ini, Ketua Senat Akademik, Wakil Rektor, Ketua LP2M, Dekan Ekonomi, Peternakan, Pertanian, Teknologi Pertanian, Direktur Pascasarjana, Direktur Rumah Sakit, dan juga Wadek(*)

 

Read 620 times