Unand Terima 1.938 Mahasiswa Lewat Jalur Mandiri 2021

04 Mei 2021
Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Universitas Andalas

Padang (Unand) – Universitas Andalas menerima mahasiswa baru melalui jalur Mandiri tahun 2021 sebanyak 1.938 yang pendaftarannya akan dibuka pada Juni mendatang.

“Jumlah ini telah memenuhi kuota yang diberikan kepada mahasiswa baru lewat jalur Mandiri sebanyak 30% dari total penerimaan tahun ini,” kata Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Mansyurdin pada Selasa (4/5) di Ruang Kerjanya Rektorat Lantai I.

Dikatakannya bagi mahasiswa yang tidak lulus melalui jalur SBMPTN, Universitas Andalas masih memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mengikuti seleksi masuk jalur Mandiri.

Prof. Mansyurdin juga menambahkan untuk seleksi jalur SBMPTN pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sudah selesai pada Minggu (2/5) kemarin, berjalan dengan lancar dan tertib. "Selanjutnya akan dibuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Mandiri," ujarnya.

Senada dengan itu, Staf Ahli Rektor Bagian Akademik Dr. Syofyan, Apt mengatakan untuk seleksi Mandiri Universitas Andalas terdiri dari lima varian yakni Seleksi Mandiri Berdasarkan Kemampuan Akademik (SMBKA).

Dijelaskannya seleksi ini merupakan penjaringan terhadap calon peserta yang memiliki kemampuan akademik baik dengan menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021.

Selanjutnya, Seleksi Mandiri Berdasarkan Prestasi Unggul (SMBPU) yang merupakan penjaringan terhadap calon peserta melalui penelusuran prestasi dalam bidang bakat, minat (minimal juara 3 tingkat provinsi) atau penalaran dalam bidang agama seperti hafiz Quran minimal 10 juz, dengan tetap memperhatikan kemampuan akademik (nilai UTBK atau nilai rapor) untuk menjalani pendidikan pada program studi terkait. 

Lalu, disebutkan Syofyan Seleksi Mandiri Berdasarkan Kerjasama (SMBK) yakni penjaringan terhadap calon peserta yang memiliki kemampuan akademik tinggi (nilai UTBK atau nilai rapor) berlatar belakang ekonomi kurang mampu, atau berasal dari daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), yang pembiayaannya disponsori oleh Pemerintah Kabupaten atau Kota atau instansi nonpemerintah.

Kemudian, Seleksi Mandiri Berdasarkan Kebutuhan Khusus atau Penyandang Disabilitas (SMPD) yang merupakan penjaringan terhadap calon peserta yang memiliki keterbatasan fisik, kelainan, kerusakan pada fungsi gerak yang diakibatkan oleh kecelakaan atau pembawaan sejak lahir dengan kemampuan akademik baik  (nilai UTBK atau nilai rapor).

Terakhir, Seleksi Mandiri Bagi Calon Mahasiswa Internasional (SMMI) yakni penjaringan terhadap calon peserta yang berkewarganegaraan selain Warga Negara Indonesia melalui jalur kerja sama dengan kedutaan negara asing atau mendaftar secara mandiri.

Terkait pendaftaran jalur Mandiri Universitas Andalas akan dibuka pada tanggal 7 – 18 Juni 2021 dan pengumuman hasilnya direncanakan tanggal 9 Juli 2021. 

Informasi lengkap tentang persyaratan dan mekanisme pendaftaran dapat dilihat di website https://pmb.unand.ac.id/  (*)

Humas dan Protokol Unand

 

Read 523 times