Live Streaming Pengukuhan Guru Besar Fakultas Teknik  KLIK Untuk Live Streaming
Toggle Bar

36 tahun FT Unand, Rayakan Dies Natalis Secara Sederhana

25 Mei 2021
Dies Natalis Fakultas Teknik Dies Natalis Fakultas Teknik Universitas Andalas

Padang (Unand) – Diusia 36 tahun Fakultas Teknik (FT) Universitas Andalas peringati Dies Natalis dengan kegiatan-kegiatan yang sederhana.

“Hal itu dipilih sebagai upaya untuk meminimalisir keterlibatan banyak orang, dan menghindari kerumunan serta menjaga Protokol Kesehatan (Prokes),” ucap Dekan FT Universitas Andalas Prof. Ikhwana Elfitri pada Selasa (25/5) di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang saat rapat senat terbuka.

Mengusung tema “Kolaborasi dan Inovasi Tata Kelola Pendidikan Tinggi Menuju FT Unand Bereputasi Internasional” dirayakan dengan berbagai kegiatan diantaranya lomba poster, pembuatan video profil, pengukuhan Guru Besar, pembangunan web kiprah alumni.

Lalu, launching 36 Buku karya Dosen FT yang sebagian besar selesai ditulis dan dicetak tahun 2020 dan 2021 ini.

Selain itu, Dekan juga menyampaikan dalam setahun terakhir, 5 akreditasi internasional diraih prodi Sarjana di FT Universitas Andalas, 3 akreditasi Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) dan 2 akreditasi Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE), ditambah 4 akreditasi Unggul.

“Raihan akreditasi internasional ini jelas sebuah prestasi membanggakan yang tidak mungkin dicapai dengan usaha sehari dua hari saja, atau sebulan dua bulan saja tetapi itu merupakan upaya dan kerja keras selama beberapa tahun,” ungkapnya. 

Disampaikannya akreditasi internasional ini bukanlah tujuan dan hasil akhir yang ingin diraih, tetapi ia adalah awal yang baik dan modal kuat untuk FT Universitas Andalas menuju reputasi internasional. 

Lebih lanjut, Dekan menyampaikan saat ini FT Universitas Andalas telah memiliki lima Prodi Sarjana (S1), lima Prodi Magister (S2), dan dua Prodi Doktor (S3).

Senada dengan itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri mengapresiasi pimpinan, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa FT  yang telah mewarnai kemajuan, kinerja dan prestasi kampus.

Disamping itu, Rektor juga mengungkapkan Universitas Andalas telah mendapat persetujuan untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) melalui surat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

“Meskipun sudah disetujui, namun ada beberapa tahapan yang harus dilalui untuk menjadi PTN BH, yaitu masih ada lintas kementerian, ada pembahasan lebih lanjut dengan Kemenpan RB, Kemenkeu, Kemenkumham, dan tahapan ini sudah intensif dengan Dikti,” ujar Rektor. 

Dikatakannya penetapan PTN BH dengan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang statuta Universitas Andalas yang ditandatangani Presiden dapat diselesaikan dalam tahun ini.

Rektor juga berharap kepada FT agar terus maju dan berbenah memperbaiki diri menjadi unit kerja yang berhasil dalam pembangunan Zona Integritas dan Reformasi Birokrasi serta dapat mempertahankan Fakultas percontohan sebagai salah satu Fakultas pembangunan zona integritas.

Selain itu, penyampaian orasi ilmiah oleh Dr. Eng. Ardhian Agung Yulianto, Dosen Jurusan Teknik Industri yang telah membuka cakrawala mengenai transformasi data trasaksional ke data laporan dan analitik.(*)

Humas dan Protokol Unand

 

Read 426 times