Live Streaming Pengukuhan Guru Besar Fakultas Teknik  KLIK Untuk Live Streaming
Toggle Bar

Kunjungi Kampus Tegalboto, Unand-Unej Jalin Kerja Sama

31 Mei 2021
Unand-Unej Jalin Kerja Sama Unand-Unej Jalin Kerja Sama Universitas Andalas

Jember (Unand) - Rektor Universitas Andalas Padang Prof. Yuliandri mengunjungi Kampus Tegalboto Universitas Jember pada Senin (31/5) dalam rangka penandatanganan naskah kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU) antara kedua institusi.

Salah satu butir penting kerja sama yang akan dijalin antara lain menyukseskan pelaksanaan pertukaran mahasiswa dan dosen dalam rangka Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang sudah diluncurkan oleh Kemendikbudristek. 

Prof. Yuliandri menyampaikan sebenarnya kerja sama antara dua PTN sudah ada, namun dengan adanya Program MBKM maka jalinan kerja sama ini makin ditingkatkan terutama dalam memberikan bahan bagi mahasiswa dan dosen yang mendapatkan hak untuk kuliah atau melakukan kegiatan akademik lainnya di luar kampusnya. 

“Kedua, tentu saja MoU ini akan membuka peluang kerja sama yang lebih luas dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujar Rektor Universitas Andalas yang didampingi Wakil Rektor IV, Hefrizal Handra dan Ketua Senat Akademik, Prof. Werry Darta Taifur serta pimpinan lainnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Jember Dr. Ir. Iwan Taruna mengungkapkan masing-masing PTN memiliki keunggulan yang jika dikolaborasikan maka akan memberikan manfaat bagi masing-masing PTN maupun masyarakat luas.

“Misalnya saja Universitas Jember perlu belajar kepada Universitas Andalas bagaimana mengelola dan menjalankan sebuah Badan Layanan Umum mengingat status BLU diraih Universitas Andalas semenjak tahun 2009 lalu,” ujarnya. 

Ia berharap MoU kali ini segera ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama di tingkat fakultas dan lembaga.

Penandatanganan MoU langsung disambut oleh para dekan di lingkungan Universitas Jember yang mengikuti secara daring. Seperti yang disampaikan langsung oleh Dekan FISIP, Djoko Poernomo. “Kami di FISIP langsung menindaklanjuti MoU kali ini, rencananya pada tanggal 2 Juni nanti akan ada penandatanganan perjanjian kerja sama secara daring antara FISIP Universitas Jember dengan FISIP Universitas Andalas dalam rangka MBKM,” tambahnya. 

Rencana menjalin kerja sama juga disampaikan oleh Dekan Fakultas Hukum. “Puskapsi FH Universitas Jember sudah menjalin kerja sama dengan PUSaKO Universitas Andalas khususnya dalam mengembangkan kajian-kajian di bidang Hukum Tata Negara. Dengan adanya MoU ini maka kerja sama yang ada makin berkembang,” imbuh Dekan Fakultas Hukum, Bayu Dwi Anggono.(*)

Humas

 

Read 225 times