Live Streaming Pengukuhan Guru Besar Fakultas Teknik  KLIK Untuk Live Streaming
Toggle Bar

Dihari Lingkungan Hidup Sedunia, Unand - Unpak Perkuat Kerja Sama Tridharma Perguruan Tinggi

05 Jun 2021
Unand - Unpak Jalin Kerja Sama dilanjutkan dengan Webinar Unand - Unpak Jalin Kerja Sama dilanjutkan dengan Webinar Universitas Andalas

Padang (Unand) – Bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Universitas Andalas dan Universitas Pakuan memperkuat kerja sama dibidang Tridharma Perguruan Tinggi dengan Universitas Pakuan  (Unpak) Bogor Jawa Barat pada Sabtu (5/6) yang dilakukan secara virtual.

Rektor Universitas Pakuan Prof. Bibin Rubini mengungkapkan rasa bangganya bisa menjalin kerja sama dengan Universitas Andalas. Disebutkannya Universitas Andalas bukan saja universitas kebanggaan masyarakat Sumatra Barat (Sumbar) namun juga menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.

“Program Studi (Prodi) Universitas Pakuan belum sebanyak di Universitas Andalas begitupun juga jumlah Guru Besarnya, yang jelas kami selalu mengalami perkembangan pesat dari waktu ke waktu," ujarnya.

Terkait dengan peringatan hari lingkungan hidup sedunia, ia menyampaikan lingkungan merupakan masalah besar dewasa ini. "Perlunya kerja sama antar institusi, universitas tidak bisa bekerja sendiri, diperlukan tukar menukar informasi dan data serta penerapan hasil-hasil  riset yang berhubungan dengan lingkungan," katanya.

Prof. Bibin Rubini mengemukakan memang diperlukan keseriusan dalam mengelola lingkungan karena ini berkaitan dengan keberlangsungan hidup manusia di masa  depan. 

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri mengemukakan kerja sama antar universitas kini menjadi keharusan, sebab tantangan yang dihadapi tidak ringan. "perlunya  sinergi dan terobosan - terobosan serta strategi agar perguruan tinggi bisa membantu persoalan yang dihadapi bangsa," katanya.

Ia berharap kerja sama ini dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan sumber daya kedua belah pihak dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

MoU ini dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara sekolah pascasarjana Unpak dengan program Pascasarjana Universitas Andalas.

Selain itu, kegiatan ini juga membahas Restorasi Ekosistem untuk Masa Depan Lingkungan yang Berkelanjutan dengan menghadirkan Dirjen KSDAE, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ir. Wiratno, MSc, Prof. Kathryn Biosciences Department Swansea University, Prof. Yonariza Prodi Magister Ilmu Lingkungan Universitas Andalas, dan Dr.Dolly Priatna Sekolah Pascasarjana Unpak yang dimoderatori oleh Dr. Wilson Novarianto Biologi Unand dan Dr. Rosadi Prodi Magister Managemen Lingkungan Unpak. (*)

Humas dan Protokol Unand

 

Read 252 times