Universitas Andalas - Digital Financial Literacy 2021  KLIK untuk lihat Live Streaming
Toggle Bar

Gubernur Mahyeldi Lepas 4.926 Mahasiswa KKN Unand

07 Juli 2021
Pemasangan Jaket Almamater oleh Kepala KKN Pemasangan Jaket Almamater oleh Kepala KKN Universitas Andalas

Padang (Unand) – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah melepas 4.926 mahasiswa Universitas Andalas yang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2021 diberbagai daerah secara daring.

“Sebanyak 4.006 mahasiswa akan ditempatkan di 19 Kabupaten dan Kota di Sumbar,” ungkap Dr. Ujang Khairul Kepala UPT KKN Universitas Andalas pada Rabu (7/7).

Disampaikannya pola KKN dimasa pandemi ini berbasis tempat tinggal atau kampung halaman mahasiswa itu sendiri. “Mahasiswa akan melaksanakan KKN didaerahnya masing-masing selama 40 hari kedepan,” ucapnya.

Selama beraktifitas KKN mahasiswa harus disiplin menerapkan protokol kesehatan, program kerja akan disingkronkan dengan program kerja yang telah diputuskan dari hasil Musyaawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) atau Rencana Kerja Pemerintah (RKP) di masing-masing lokasi.

Dia berharap dengan adanya kegiatan KKN ini masyarakat semakin merasakan peran nyata dari Universitas Andalas dalam upaya pemberdayaan masyarakat dalam berbagai bidang. 

Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri mengemukakan dalam kondisi pandemi ini mahasiswa diharapkan ikut serta menunjang program pemerintah termasuk mensosialisasi kepada masyarakat dampak dari covid 19.

Meskipun sudah berada di lingkungan atau daerah sendiri namun mahasiswa dituntut untuk terus menjaga nama baik sendiri, keluarga dan juga almamater.

“Lakukanlah berbagai program pendekatan dengan stakeholder yang ada di nagari atau desa dan sinergikan program yang dirancang dengan program yang ada di nagari sehingga memudahkan dalam pelaksanaan berbagai aktivitas,” sambung Rektor.

Sesuai dengan tema tahun ini ayo bangun nagari maka, dikatakannya keberadaan mahasiswa di daerah menjadi bagian penting dalam hal ini, belajar dan komunikasikanlah dengan baik sehingga dengan hadirnya mahasiswa di desa banyak memberi manfaat bagi masyarakat kedepannya. 

Sementara itu, Gubernur mahyeldi mengatakan dengan adanya KKN akan banyak membantu pemerintah daerah apalagi tema yang diangkat menjadi sangat tepat karena banyak kegiatan dan program dari pemerintah pusat atau daerah untuk nagari.

“Bahkan nagari merupakan bahagian yang sangat strategis dalam membangun Sumbar,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mahyeldi berharap mahasiwa yang melakukan KKN nanti dapat menjalankan kegiatan dengan sebaik-baiknya, berbaur dan bersinergi dengan masyarakat serta perangkat desa dalam upaya percepatan pembangunan nagari. (*)

Humas dan Protokol Unand

 

Read 566 times