58 Tahun Faterna Menjawab Tantangan UNAND Sebagai PTNBH

11 Oktober 2021
Dies Natalis Faterna Dies Natalis Faterna Universitas Andalas

Padang (Unand) – Fakultas Peternakan (Faterna) Universitas Andalas (UNAND) merayakan hari lahirnya yang ke 58 tahun, mengusung tema “Menjawab Tantangan Unand Sebagai PTN Badan Hukum”, Faterna Universitas Andalas bertekad mengembangkan bisnis peternakan dalam menyiapkan sumber daya manusia dan hilirisasi riset, Senin (11/10) di Gedung Convention Hall Kampus UNAND Limau Manis Padang.

Dekan Faterna Universitas Andalas Dr. Adrizal, MSi mengatakan tanggal 9 Oktober 1963, 58 tahun yang lalu fakultas ini didirikan secara resmi dengan tujuan menghasilkan sumber daya manusia unggul dan berkompeten dalam bidang peternakan.Seiring berjalannya waktu Faterna Universitas Andalas melihatkan perkembangan tidak terlepas dari pendahulu-pendahulunya.

“Untuk itu, saya mengajak civitas akademika untuk bersama-sama bersinergi, berkolaborasi dan saling bahu membahu dalam meningkatkan daya saing lulusan alumni Faterna dalam era 4.0., ´ujar Adrizal

Bidang peternakan, sambungnya, tidak bisa berdiri sendiri menghadapi tantangan revolusi 4.0 maka dari itu, bidang peternakan meningkatkan kolaborasi dengan bidang lain seperti IT, sistem informasi, pemograman, sosial dan hukum untuk mewujudkan akselarasi industri peternakan.

“Perkembangan industri peternakan bertujuan untuk mensejahterakan peternak rakyat, era revolusi  industri ini memungkinkan jaringan kerja antar peternak rakyat dan industry,” ujarnya.

Disamping itu, keberadaan akademisi perguruan tinggi memberikan fasilitas dan diseminasi hasil-hasil pertanian.  Dekan Adrizal mendukung kerja sama dan trasnformasi peternakan rakyat berwatak industri, hal ini menjembatani kolaborasi peternak rakyat, industri, pemerintah dan stakeholder lainnya.

“Kondisi ini sekaligus menjadi peluang sekaligus tantangan disuatu sisi peluang ini dimanfaatkan untuk berkompetisi merebut peluang kerja di dunia global seperti malayia, brunai, Philipina, serta Thailand,” jelas Adrizal.

Untuk mengatisipasi perubahan tantangan global Faterna Universitas Andalas tidak ada pilihan lain selain meningkatkan kompetisi lulusan melalui pengambilan kebijakan diantaranya revisi kurikulum berdasarkan Permen Kemdikbud tentang standar nasional Pendidikan yang mengatur Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Disamping itu, dekan juga mengemukakan tahun ini Program Studi (Prodi) S1 dan S2 Peternakan sedang menyusun akreditasi internasional ASIIN di Jerman

Sementara itu, Wakil Rektor I UNAD Prof. Masyurdin mengucapkan selamat berulang tahun dan Dies Natalis Faterna Universitas Andalas yang ke 58 tahun. Momentum ini tentunya ,menjadi kebanggan bagi civitas akademika UNAND.

“Faterna yang sudah menyusun akreditasi internasional ASIIN, sebab saat ini Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan dan Pertanian juga sedang mensetting S1 dan S2 untuk ASIIN ini, “ Prof Marsyudin mengapresiasi.

Prof. Mansyurdin mensyukuri tahun ini ada delapan Prodi yang sudah mengajukan borang akreditasi internasional melalui FIIBA 6 Prodi ekonomi, 2 Prodi FIB (Sastra Indonesia dan Sastra Jepang) dan tahun ini juga akan divisitasi. “Kalau ini berhasil tentu akan bertambah Prodi yang terakreditasi internasional,” ungkapnya.(*)

Humas dan Protokol Unand

Read 210 times