UPT Perpustakaan Menyelenggarakan Workshop Literasi Informasi di Hari Sumpah Pemuda

29 Oktober 2021

Padang (Unand) - Tepat di hari peringatan Sumpah Pemuda, yang jatuh pada hari Kamis 28 Oktober 2021, UPT Perpustakaan Unand menyelenggarakan Workshop Literasi Informasi. Kegiatan yang bertempat di Ruang Seminar Lantai 5 Gedung Perpustakaan Unand tersebut mengusung tema “Peningkatan Kompetensi Automasi Pustakawan Guna Mendukung Gerakan Merdeka Belajar & Era Litarasi Digital.” 

Workshop kali ini diikuti oleh pustakawan/staf perpustakaan dari lingkungan Unand, dan perguruan tinggi yang ada di Propinsi Sumatera Barat. Berdasarkan laporan ketua panitia, Zasmi Fitriani, A.Md, terdaftar sebanyak 60 orang peserta yang hadir pada kegiatan tersebut. Sebagian besar peserta berasal dari perguruan tinggi yang tersebar di berbagai kabupaten/kota, seperti UNP, UIN Imam Bonjol, Politani Payakumbuh, IAIN Batusangkar, UMMY Solok, ISI Padang Panjang, dll.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya diikuti dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK), Drs. Imrizal, MM yang mewakili Wakil Rektor I Unand, sekaligus membuka acara secara resmi.

Dalam sambutannya Kepala Biro BAAk berharap kegiatan ini bisa menjadi pemicu bagi pustakawan untuk bekerja lebih giat lagi dalam menyonsong era digital, yang saat ini sudah sangat mempengaruhi perilaku dan gaya hidup masyarakat. Juga hadir dalam acara pembukaan tersebut, kepala UPT Perpustakaan Unand, yang juga didaulat memberikan kata sambutan.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan acara inti yaitu Workshop Literasi Informasi yang dipandu oleh Leni Marsih, S.I.Pust (Pustakawan Muda Unand) sebagai moderator. Panitia menghadirkan 2 orang narasumber, yaitu Zulfitri, S.Ag, MA (Pustakawan Madya UIN Imam Bonjol), dan Andi Saputra, S.Kom, M.Kom (Pustakawan Madya Unand).  

Acara workshop dibagi menjadi 2 sesi. Pemateri pertama, Zulfitri, S.Ag, M.Ag menyajikan materi tentang pentingnya kompetensi literasi informasi bagi pustakawan dalam berkiprah di Perpustakaan. Selain itu beliau mengajak peserta untuk memanfaatkan aplikasi Telegram sebagai media pendukung dalam proses pencarian informasi/referensi ilmiah, seperti ebook, dan ejournal.

Pada sesi ke-2 setelah istirahat siang, Andi Saputra, S.Kom, M.Kom menyajikan materi tentang bagaimana memaksimalkan pemanfaatan fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi SLIMS, yang merupakan aplikasi manajemen perpustakaan yang paling banyak digunakan di Indonesia. Serta bagaimana strategi menambahkan koleksi-koleksi digital yang tersebar di berbagai sumber ke dalam katalog perpustakaan.

Para peserta cukup antusias dalam mengikuti workshop, terlihat dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada kedua narasumber. Di akhir sesi, narasumber kedua mengajak para peserta untuk saling bekerjasama dan berbagi dalam memajukan dunia perpustakaan di propinsi Sumbar, karena dengan berjejaring kita bisa saling mendukung, dan saling membantu satu sama lainnya. Tepat pukul 15.30 acara ditutup dengan foto bersama antara narasumber, peserta dan panitia.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 363 times