Capacity Building Kewirausahaan Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik  KLIK disini
Toggle Bar

Rektor Unand Lantik Dua Dekan, Sekretaris Universitas, dan Sembilan Direktur

04 Juli 2022
Rektor Melantik Dekan dan Direktur Rektor Melantik Dekan dan Direktur Universitas Andalas

Padang (Unand) – Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri melantik dua Dekan, Sekretaris Universitas, dan sembilan Direktur pada Senin (4/7) di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Dua Dekan yang dilantik yakni Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Dr. Ir. Alfi Asben, M.Si dan Dekan Fakultas Farmasi Prof. apt. Fatma Sri Wahyuni, Ph.D untuk periode 2022-2027.

Rektor Yuliandri mengatakan ini momentum baru bagi kita terutama dari segi masa jabatan, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) masa jabatan Dekan terhitung selama 5 tahun yaitu dari tahun 2022-2027.

Namun Dekan akan dibantu oleh dua wakilnya yang sebelumnya ada tiga wakil yakni Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, dan Wakil Dekan II Bidang Umum dan Sumber Daya sesuai dengan Peraturan Rektor Nomor 8 Tahun 2022 tentang OTK OP Universitas Andalas.

Selain itu, ada hal yang baru yakni adanya Sekretaris Universitas yang diisi oleh Henmaidi, Ph.D dari Teknik Industri, dikatakan Prof. Yuliandri Sekretaris Universitas bukanlah Sekretaris Rektor namun merupakan organ yang mempunyai peran tersendiri, nantinya akan mengkoordinasikan berbagai unsur dan unit.

Lebih lanjut, ia menyampaikan tahun ini Universitas Andalas berhasil mencapai Prestasi terbaik untuk Indikator Kinerja Utama (IKU) 6 pada kategori PTN Badan Layanan Umum (BLU). “IKU 6 merupakan capaian persentase Program Studi yang berhasil Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia,” ujarnya.

Pencapaian IKU dikatakannya bukanlah menentukan peringkat tetapi dengan pencapaian tersebut bisa dilihat berapa persentase dari capaian dari sebuah perguruan tinggi. Ia mensyukuri untuk IKU 6 Universitas Andalas berada pada peringkat pertama.

Ia meminta kepada yang baru dilantik, untuk langsung berkoordinasi dengan unsur pimpinan lainnya. “Koordinasi ini penting untuk dilakukan, karena ada berbagai hal yang secara teknis dan administratif dapat saling menginformasikan dan berbagi,” ujarnya.

Adapun, Direktur yang dilantik yakni dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed, Ph.D mengisi jabatan Direktur Pendidikan dan Pembelajaran, dan Khandra Fahmy, STP, MP, Ph.D mengisi jabatan Direktur Kemahasiswaan. Keduanya berada di bawah koordinasi Wakil Rektor I bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan.

Selanjutnya, Direktur Keuangan Dr. Suhanda, M.Si. Ak, Direktur Umum dan Pengelolaan Aset dijabat Azral, S.Pt, M.Pd, dan Direktur Usaha dan Pengembangan Bisnis dijabat Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc. Ketiga jabatan ini berada di bawah koordinasi Wakil Rektor II bidang Keuangan, Pengelolaan Aset dan Pengembangan Usaha.

Kemudian, dua jabatan Direktur di bawah koordinasi Wakil Rektor III bidang SDM dan Teknologi Informasi yaitu Direktur SDM Ampera Warman, SE. MM dan Direktur Teknologi Informasi Hendery Dahlan, Ph.D.

Dua posisi Direktur lainnya dijabat oleh Syah Aidil Fitri, ST. M.Si mengisi posisi Direktur Perencanaan dan Pengembangan dan Dr. Eng. Muhammad Makky, STP. M.Si mengisi jabatan Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset. Keduanya berada di bawah koordinasi Wakil Rektor IV bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Hilirisasi Riset.

Diwaktu yang bersamaan juga dilakukan Pengukuhan Jabatan sebelumnya yakni Pengukuhan Direktur Sekolah Pascasarjana Prof. Dr. rer. soz. Nursyirwan Effendi, Wakil Direktur I Sekolah Pascasarjana Prof. Ir. Yonariza, MSc, PhD, dan Wakil Direktur II Sekolah Pascasarjana Dr. Yoserwan, SH, MH, LLM.

Disamping itu, juga pengukuhan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Dr. Ing Uyung Gatot S. Dinata, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Prof. apt. Henny Lucida, dan Sekretaris LPM Dr. dr. Hendriati, Sp. M (K).

Rektor juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Dr. Feri Arlius atas dedikasinya selama menjalankan tugas sebagai Dekan Fateta periode 2018-2022 untuk memajukan kelembagaan Universitas Andalas.(*)

Humas dan Protokol Unand

 

Read 1259 times