Abdul Rahman Panjaitan

  • + Prodi: Akuntansi Internasional
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2014

“To achieve more, you have to sacrifice more” merupakan prinsip yang dipegang teguh oleh seorang pemuda yang tidak pernah membayangkan bahwa dirinya akan memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan setelah lulus SMK. 

Beliau adalah Abdul Rahman Panjaitan, akrab disapa Rahman atau Jai, putra ketiga dari Bapak Saipul Awan Panjaitan dan Ibu Rita Nasution. Disiplin dan kerja keras yang selama ini ditanamkan dalam menempuh pendidikan telah membuahkan hasil yang membawanya menjadi lulusan terbaik Fakultas Ekonomi Universitas Andalas pada Wisuda III tahun 2018.

Pemuda yang lahir di Sigordang, 10 Juni 1996 ini merupakan satu-satunya siswa diangkatannya yang lulus di jurusan Akuntansi melalui jalur SNMPTN dari SMK N 2 Bukittinggi. Dengan peluang yang ada, pemuda yang tidak pernah mengikuti les bahasa inggris ini juga mencoba mengikuti seleksi untuk kelas berbahasa inggris dan dinyatakan lulus pada prodi Akuntansi Internasional Fakultas Ekonomi Universitas Andalas angkatan 2014.

Atas izin Allah SWT ia berhasil menyelesaikan kuliah dalam waktu 3 tahun 10 bulan dengan indeks prestasi 3,77 Cum Laude.

Rahman mulai menempuh pendidikan di SDN 103960 Gapuk tahun 2002-2008 dan melanjutkan pendidikan di SMPN 2 Marancar tahun 2008-2011 Kab. Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. 

Ketertarikan dengan kota Bukittinggi membuat ia memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di SMKN 2 Bukittinggi tahun 2011-2014, dan melanjutkan pendidikan S1 di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

Prestasi di bidang akademik beliau sudah mulai tumbuh sejak duduk di sekolah dasar, selalu menjadi juara 1 dikelas tidak membuat ia langsung berpuas diri hingga dinobatkan sebagai lulusan terbaik mulai SD hingga SMK. Juara 1 lomba memasak putra se-kabupaten Tapanuli Selatan merupakan prestasi non akademik pertama yang ia capai ketika aktif menjadi perwakilan sekolah dalam kegiatan Pramuka. Ketika menempuh pendidikan di SMK, pemuda yang memiliki hobby berenang ini juga dinobatkan sebagai Idol Akuntansi dan mendapatkan Juara 1 pada Lomba Keterampilan Siswa (LKS) bidang Akuntansi yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi.

Selama menempuh pendidikan di Universitas Andalas, Rahman berhasil menjadi “Mahasiswa Berprestasi I” Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Tahun 2017 and meraih penghargaan sebagai “The Most Inspiring Student of The Year” dalam acara Andalas Global Award, Pekan Andalas 2017.

Hal ini tentu berhasil dicapai atas komitmen yang dibangun untuk mempertahankan pencapaian akademik, kontribusi organisasi dan keikutsertaannya dalam kompetisi nasional maupun internasional.Ditingkat nasional, Rahman pertama kali berhasil menjadi Juara 3 Favorit dalam Tax Article Competition tingkat Sumatera Barat yang diadakan oleh Dirjen Pajak Kanwil Sumbar dan Jambi melalui kegiatan Accounting Week 2015. 

Mahasiswa dengan akademik terbaik di Asrama Menpera tahun 2015 ini juga berhasil menjadi Finalis lomba analisa saham dalam rangka Management Finance Festival (Manifest) 2016 di Universitas Udayana, Denpasar.

Pada tingkat internasional, Tim analist yang ia bentuk pertama kali terpilih menjadi finalis (Top 24 ASEAN) pada International Conference The 15th ICMSS (Indonesia Capital Market Student Studies) di Universitas Indonesia, Jakarta. 

Selanjutnya, menjadi salah satu delegasi Indonesia terpilih mewakili Universitas Andalas dalam rangka Asia Pacific Future Leader Conference yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia. 

Pada pertemuan tahunan ini, ia bersama delegasi dari Bangladesh, India, Philippines dan Vietnam yang tergabung dalam Tim FGD membuat rancangan ide dengan tema “Green Thumb Project” dan berhasil meraih penghargaan sebagi The Best Idea for Future Strategy. 

Selanjutnya, menjadi salah satu dari 40 delegasi terpilih dari negara Asia dalam rangka Bangkok International Student Conference (BISC) 2017 di Thammasat University, Thailand. Ia juga merupakan salah satu dari 5 delegasi terpilih Universitas Andalas dalam rangka pelaksanaan perdana Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional tahun 2017 di Thailand dan Malaysia.

Sejalan dengan usaha untuk mendapakan pencapaian akademik yang luar biasa, ia juga aktif dalam beberapa organisasi. Mulai dari staf, koordinator, hingga dewan pengawas departemen bisnis Lembaga Kajian Ekonomi Islam (LKEI) FE UA dan menjadi staff, direksi, hingga komisaris divisi penelitian dan pengembangan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GIBEI) FE UA dalam periode yang bersamaan. Dengan kemampuan akademik yang sangat ia syukuri dan segudang pengalaman tersebut, ia juga tidak sungkan untuk berbagi. 

Ia sudah menjadi asisten dosen untuk kelas internasional sejak semester 4 hingga semester 8 pada beberapa mata kuliah di Jurusan Akuntansi. Ia juga aktif menjadi mentor di Accounting Study Club (ASC) dan Andalas Accounting Paper Academy (AAPA)yang diinisiasi oleh Hima Akuntansi Universitas Andalas.

Kondisi Ekonomi keluarga yang selama ini ia khawatirkan akan menghentikan niatnya untuk melanjutkan pendidikan telah berhasil ia patahkan dengan berhasil mendapatkan beasiswa peningkatan prestasi akademik (Beasiswa PPA) dari Dikti berturut-turut tahun 2015 dan 2016, dan Beasiswa Bank Indonesia pada tahun 2017. 

Selain itu, berkat Universitas Andalas yang selalu memberikan dukungan yang luar biasa pada setiap kompetisi yang ia ikuti membuat setiap proses yang dilalui menjadi lebih worth it baginya.

Ia percaya bahwa pengorbanan ini akan terus berlanjut atas izin Allah SWT, restu kedua orang tua dan dukungan semua pihakhingga akhirnya ia beralabuh pada keberhasilan lainnya dan mewujudkan impiannya menjadi insan yang bemanfaat bagi bangsa dan negara. Man jadda wajada, teruslah berdoa dan berusaha.

Humas dan protokol unand 

 

Read 2062 times

Booklet Unand