Live Streaming - International Symposium on Linguistics  Klik tombol LIVE STREAMING
Toggle Bar

Faizil Putra

Faizil Putra Universitas Andalas
  • + Prodi: Ilmu Peternakan
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2014

Faizil Putra yang akrab dipanggil faizil merupakan mahasiswa dari Fakultas Peternakan Universitas Andalas yang masuk pada tahun 2014. Dia putera kedua dari pasangan Asrizal dan Masniar yang lahir pada tanggal 22 Agustus 1996. 

Faizil dan saudara yang lain dibesarkan di Kampung Bukit Jorong Sungai Sirah Kenagarian Pilubang, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Oleh kedua orang tuanya , faizil dan saudara laki-lakinya didik untuk menjadi anak yang tangguh, cerdas, berkharakter, dan bekerja keras. 

Hal ini yang melekat pada diri faizil sampai sekarang, karena dilahirkan dari keluarga seorang petani yang memiliki kemampuan sedikit banyaknya dalam berdagang, sikap itu juga diwarisi oleh faizil saudara laki-lakinya yang lain. 

Sejak kecil faizil dan saudara laki-laki sudah diarahkan untuk jadi pribadi yang ulet dan bertanggung jawab dengan pekerjaannya.

Diketahui bahwa faizil merupakan anak pertama dari saudara laki-lakinya yang lain yang mampu menempuh pendidikan hingga Sarjana sekarang ini dan termasuk dari jajaran kelurga besar yang bisa bergelar Sarjana di salah satu kampus negeri ternama di Sumatera Barat. 

Faizil sendiri sudah lama bercita-cita untuk bisa melanjutkan studi ketahap yang lebih tinggi, tekad itu telah lama ia tanam semenjak duduk di bangku kelas tiga Sekolah Menengah Pertama.

Kedua orangtua faizil sudah lama mencita-citakan agar salah satu keturunannya bisa mencapai pendidikan tinggi, dan cita-cita itu diwujudkan oleh faizil si anak bungsu dari pasangan Asrizal dan Masniar, disamping itu kedua orangtua faizil ingin anaknya bisa menjadi orang sukses dan bermanfaat untuk negaranya, salah satunya mereka ingin sekali anaknya bisa menjadi dosen di salah satu kampus negeri. 

Walaupun dengan realita saat ini perekonomian keluarga dalam kondisi yang tidak stabil, tapi tekad itu sudah tertanam pada kedua orangtuanya untuk menyekolahkan faizil agar mampu meraih cita-citanya dan mampu mewujudkan keinginan mereka.

Riwayat pendidikan yang Faizil tempuh sebelumnya yaitu, SDN 07 Sungai Limau, SMPN 1 Sungai Limau, dan SMAN 1 Sungai Limau di Kabupaten Padang Pariaman. Setelah menamatkan pendidikan SMA, ia bertekad untuk berlanjut sekolah di tingkat pendidikan tinggi Universitas. 

Sejak masa pendidikan sekolah di SMPN 1 Sungai Limau Faizil telah dikenal sebagai sosok siswa yang rajin dan memiliki jiwa kepemimpinan, di saat bangku sekoalh pertama Faizil sudah ikut aktif dalam kegiatan sekolahan yang salah satunya terpilih menjadi ketua osis. Selanjutnya riwayat pendidikan semasa SMA, Faizil bertambah mengasah kemampuannya dengan terlibat langsung dalam agenda sekolah di waktu itu, faizil terpilih menjadi anggota majelis permusywaratan kelas.

Setelah itu beliau sering dipercaya mewakili sekolah dalam setiap kegiatan lomba maupun seminar yang ada di luar kota, dibangku kelas dua SMA Faizil dipercaya teman-temannya untuk maju dalam pemilihan Ketua Osis dan hasilnya Faizil diamanahkan sebagai ketua osis mengalahkan pesaingnya yang lain.

Pada tahun 2014 tahun yang sama , faizil meneruskan kuliah di Fakultas Peternakan Universitas Andalas melalui jalur SBMPTN tahun 2014, banyak hal yang menjadi tantangan faizil agar mampu berkuliah salah satunya masalah ekonomi keluarga, karena melihat tekad yang kuat maka orangtua berusaha mencarikan biaya kuliah agar faizil bisa berkuliah kampus negeri. 

Semenjak berstatus mahasiswa faizil menjalani rutitinas dengan mandiri, dimana sebelumnya selalu dekat dengan orangtua dan merupakan anak yang sering di manjakan orangtua karena menjadi anak bungsu. 

Selama berkuliah di Universitas Andalas, Faizil menceritakan di awal semester ia telah merasakan hal yang luar biasa. Ditambah dengan ia tinggal di wisma yang kental dengan suasana islami, Faizil merasakan banyak hal yang terjadi dalam kehidupannyan salah satunya semangat berhijrah untuk memperbaiki kondisi yang tidak baik menjadi baik serta Faizil mendapatkan banyak teman baru yang senantiasa berada dalam dekapan ukhuwah. 

Dengan alasan itu, Faizil juga menceritakan beberapa pengalamannya selama berkuliah di Universitas. Dari aktivitas organisasi Faizil mengaku melanjutkan aktivitas berorganisasi dengan pernah menjadi sekretaris departemen kaderisasi FSI Faterna dan kepala departemen kaderisasi, wakil ketua Bem Muda Km Faterna, Ketua IV Infokom Ismapeti Wilayah 1, Gubernur Bem Km Faterna Unand, dan terakhir menjadi Presiden Mahasiswa Bem Km Unand.

Banyak hal yang sudah dilalui Faizil di kampus agar menjadi pribadi yang luar biasa, jenjang kesuksesan yang dilalui tidak mudah dan tidak banyak orang bisa menggapainya. Faizil selalu mempunyai keyakinan dalam hidupnya bahwasanya tidak hal yang tidak bisa dilakukan dalam hidup ini asalkan ada tekad yang kuat untuk mewujudkan, karena tekad yang kuat itulah Faizil dipandang menjadi orang yang berpengaruh dalam organisasi peregerakan kampus. 

Semenjak berada di semester satu perkuliahan faizil sudah berpikir panjang kedepan, ia menuliskan mimpi-mimpinya yang ingin ia capai selama berstatus mahasiswa dan mimpi yang dituliskan itu satu persatu menjadi kenyataan diantaranya bisa menjadi orang berpengaruh di tingkat fakultas maupun universitas, mewakili unand dalam panggung nasional salah satunya menjadi delegasi dalam acara organisasi kampus. 

Banyak hal pengalaman yang suadah menjadikan seorang faizil putra menjadi pribadi yang luar biasa ketika berada di kampus. Ditambah lagi faizil mendapat gelar Bintang Aktivis Kampus, gelar yang banyak diinginkan banyak orang, dan itu sudah faizil dapatkan karena aktif dalam berbagai kegiatan baik internal kampus maupun ekstra kampus, kedepan akana banyak banyak hal yang akan menjadi tanggung jawab faizi, salah satunya menajdi pelopor ditengah-tengah masyarakat.(*)

Humas dan Protokol Unand 

Read 3151 times