LIVE STREAMING - Silaturahmi Idul Fitri 1441 H- Bersama Prof. Komaruddin Hidayat, MA. Ph.D (Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia)  Klik tombol LIVE STREAMING
Toggle Bar

Sri Gema Dirga Putri

Sri Gema Dirga Putri Universitas Andalas
  • + Prodi: Ekonomi Pembangunan
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2016

Sri Gema Dirga Putri yang akrab dipanggil gema merupakan mahasiswa S1 Ekonomi Pembangunan Kampus II Payakumbuh dengan konsentrasi Perencanaan Pembangunan. Gema lahir di Kota Padang pada tanggal 1 Juli 1997 dan merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara dari pasangan Sudirman dan Gusmawati.

Gema menamatkan pendidikan sekolah dasarnya di SDN 34 Air Pacah tahun 2009, ditahun yang sama gema melanjutkan pendidikannya di MTsN Koto Tangah dan menamatkan pendidikannya tahun 2012, kemudian memilih melanjutkan pendidikannya di salah satu SMK di Kota Padang yaitu SMKN 6 Padang jurusan Tata Kecantikan Kulit dan menamatkan pendidikannya tahun 2015. 

Tahun 2015 gema tidak langsung melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi melainkan memilih untuk menimba ilmu selama setahun di Pondok Pesantren Darul Ulum.

Menjadi anak terakhir membuat gema lebih bergantung kepada ibu dan kedua kakaknya, hal inilah yang mendorong gema untuk kuliah di luar Kota Padang biar bisa menjadi anak yang lebih mandiri dan menjadi kebanggaan keluarga. 

Payakumbuh menjadi kota tujuan kuliah karena disana terdapat Fakultas Ekonomi Kampus II UNAND yang merupakan fakultas incaran gema sedari SMK.

Awal perkuliahan di pertengahan tahun 2016 gema merasa kurang bisa bersaing dalam hal akademik dengan teman-teman lulusan SMA dan SMK bagian ekonomi karena sebagai lulusan SMK jurusan Tata Kecantikan Kulit, Gema tidak memiliki basic ekonomi, namun dengan doa kedua orang tua dan kakak, usaha , semangat dan kerjakeras dalam belajar, Gema berhasil mendapatkan IP sempurna di semester awal.

Selain fokus di akademik gema juga aktif di beberapa organisasi untuk pengembangan diri yaitu pengurus Lembaga Kajian Ekonomi Islam (LKEI) FE Kampus II UA tahun 2016-2019 di divisi Syiar Islam, pengurus KKB FEKDA UNAND di Departemen Marketing sebagai sekretaris marketing tahun 2018-2019 dan sebagai Sekretaris Umum tahun 2019-2020, Pengurus HIMA Ilmu Ekonomi bagian Akademik tahun 2019-2020, dan menjadi panitia di berbagai kegiatan.

Dalam mengaplikasikan ilmu yang diperoleh, sejak semester 5 gema menjadi asisten dosen selama 4 periode di beberapa mata kuliah yaitu Matematika Ekonomi, Optimisasi Dinamis. Teori Mikro 1 dan Teori Mikro 2. 

“Man Jadda Wa Jada” itulah motto yang selalu dipegang gema semenjak awal perkuliahan, serta doa, Ikhtiar, dan Tawakkal kepada Allah SWT karena tidak ada  yang tidak mungkin bagi Allah SWT. Kunci keberhasilan adalah doa kedua orang tua karena ridho Allah tergantung ridho orang tua.

Hasil kerja keras selama masa kuliah mengantarkan gema lulus dengan predikat Cumlaude dengan IPK 3.97 dengan lama studi 3 tahun 6 bulan. 

Tidak hanya itu, gema menjadi mahasiswa lulusan terbaik Fakultas Ekonomi dan menjadi lulusan terbaik Jurusan Ilmu Ekonomi Payakumbuh untuk kelas reguler dan mandiri pada Wisuda periode I Universitas Andalas 2020.(*)

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 854 times