LIVE STREAMING - Silaturahmi Idul Fitri 1441 H- Bersama Prof. Komaruddin Hidayat, MA. Ph.D (Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia)  Klik tombol LIVE STREAMING
Toggle Bar

Akbar Karim

Akbar Karim Universitas Andalas
  • + Prodi: Ilmu Politik 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2015

“Sabtu, 22 Februari 2020” orang lain menganggap itu adalah hari yang biasa saja, tetapi bagi akbar adalah salah satu hari yang bisa mengukir sejarah kedepannya, karena pada hari itu adalah Wisuda I Universitas Andalas tahun 2020.

Akbar Karim adalah nama yang secara resmi diberikan oleh orang tuanya yaitu Bapak Karnaini M.S Sutan A.Ma Pd (Alm) dan Ibu Animas S.Pd pada 10 April 1997 yang lalu. Akbar lahir di Sawahlunto/Sijunjung dengan menjadi anak bungsu dari 5 (lima) orang bersaudara. 

Akbar menamatkan sekolah dasar di SD Negeri 12 Tanjung Lolo. Selamat belajar di sekolah, akbar adalah salah satu murid yang bisa mempertahankan Juara I dari awal sampai menamatkan sekolah tersebut, tidak hanya dalam proses pembelajaran, akbar juga aktif dalam organisasi yang ada di sekolah seperti pramuka dan dokter kecil. 

Setelah menamatkan sekolah dasar, akbar melanjutkan belajar di sekolah unggul Kabupaten Dharmasraya yaitu SMP Negeri 6 Pulau Punjung yang saat ini berubah menjadi SMP Negeri Unggul Dharmasraya, selama sekolah akbar tidak hanya fokus pada pendidikan tetapi juga mengikuti ektrakurikuler seperti pramuka, gitar serta basket.

Pada tahun 2012 akbar dinyatakan diterima untuk melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 1 Sijunjung. Selama sekolah akbar aktif di Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) sebagai Ketua Sekbid VII tentang Kesehatan, akbar juga merupakan Ketua dari UKS (Usaha Kesehatan Sekolah). 

Pada saat akbar sudah menjadi siswa kelas XII akbar harus merencanakan dimana akan melanjutkan pendidikan dan jurusan apa. Akbar mengisi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) di 2 Universitas yang berbeda yaitu UNAND dan UNSRI.

Pada 3 Juni 2015 Akbar Karim secara resmi diterima untuk melanjutkan pendidikan di Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas, Akbar lulus di perguruan tinggi negeri lewat jalur SNMPTN atau yang dikenal dengan jalur undangan.

Dari awal perkuliahan akbar sudah tertarik dengan UKM Resimen Mahasiswa (Menwa) karena melihat segala aktivitas dan kegiatan dari Menwa itu sendiri yang pada akhirnya akbar meyakinkan diri untuk mendaftar di UKM tersebut. 

Terhitung dari tanggal 28 September 2015 akbar sudah legal menjadi anggota Resimen Mahasiswa Batalyon 101 Mahawira Universitas Andalas. Di Menwa akbar belajar segala hal yang tidak didapatkan saat perkuliahan seperti Kepemimpinan, CMI (Cara Memberikan Instruksi), Survival dan masih banyak lainnya.

Di Menwa akbar mengikuti Pendidikan Dasar Militer (DIKSARMIL) di Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan II (YONMARHARLAN II) Padang. DIKSARMIL diikuti oleh seluruh Batalyon dan Satuan Menwa yang ada di Sumatera Barat. 

Setelah selesai pendidikan dasar akbar mengikuti Latihan Pemantapan (Lantap) di Menwa Unand. Dibawah kepemimpinan Komandan Afrijal Efendi akbar mendapatkan jabatan sebagai Asisten Hubungan Masyarakat (AsHum) Periode 2016/2017.

Selama di Menwa akbar sangat aktif menjadi Anggota serta Koordinator di berbagai bidang, salah satu bidang yang sangat di sukai adalah bidang Humas. Pada bulan Ramadhan tahun 2017 akbar dipercaya sebagai Dansatgas (Komandan Satuan Tugas) untuk acara tersebut. Pada tahun yang sama, akbar di tunjuk oleh Komandan Oki Putra untuk mengikuti Pendidikan Lanjutan yaitu SUSKALAKNAS (Kursus Kader Pelaksan Nasional) di WINGDIKTEKKAL (Wing Pendidikan Teknik dan Pembekalan) TNI Angkatan Udara Kalijati, Subang, Jawa Barat. 

Dalam Pendidikan Lanjutan yang diikuti, akbar bertemu dengan anggota Menwa yang ada di seluruh Indonesia yang juga mengikuti kegiatan tersebut. Pada masa kepemimpinan Komandan Oki Putra, akbar menjabat sebagai Staff Hubungan Masyarakat (Humas) Periode 2017/2018.

Periode 2018/2019 dibawah Kepemimpinan Komandan Andre Suti Anggara, akbar menjabat sebagai Kepala Seksi Teritorial. Pada 19 Desember 2018 akbar adalah Dansatgas dalam acara Publik Speaking dan Keprotokolan dimana acara tersebut memberikan pelatihan kepada seluruh mahasiswa yang ada di lingkungan universitas andalas.(*)

Humas dan Protokol Unand 

Read 847 times
More in this category: « Dela Puspita Harben Sani »