New Zealand (UNAND) - Sebagai salah satu upaya Universitas Andalas dalam menjadi World Class University adalah dengan memberikan kesempatan kepada civitas academika untuk berpartisipasi dalam kegiatan International Faculty Exchange melalui Program EQUITY yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Program International Faculty Exchange ini merupakan program yang memberikan kesempatan kepada para dosen Universitas Andalas untuk melakukan kegiatan di berbagai Perguruan Tinggi ternama luar negeri yang masuk ke dalam QS WUR Top 500.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan diharapkan dapat membangun intimate partnership dengan mitra kerja sama luar negeri sehingga terbangun kedekatan emosional dan persahabatan.

Strategi ini diharapkan dapat menjadikan mitra kerja sama luar negeri tersebut menjadi ambassador Universitas Andalas di Perguruan Tinggi mitra atau di kota atau negara tersebut, dan membangun reputasi positif Universitas Andalas serta menghubungkan berbagai peluang kerja sama seperti beasiswa atau Grand Project internasional.

Selain itu, juga pengenalan Universitas Andalas, melaksanakan kegiatan mengajar atau menjadi tim teaching pada mata kuliah atau program summer course di host university, memberikan kuliah umum, kolaborasi penelitian dan publikasi ilmiah, konferensi, kuliah umum, PhD workshop, penandatanganan Implementation Agreement (IA) serta menyusun draft MoU level Universitas.

Salah satu fakultas yang melaksanakan kegiatan Faculty Exchange tersebut adalah Fakultas Kedokteran Universitas Andalas di Auckland University of Technology New Zealand,  pada tanggal 1-7 Juli 2024, serta kunjungan ke Middlemore Hospital Auckland.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Dekan Fakultas Kedokteran Prof. Dr. dr. Afriwardi, SH., SpKO., MA, Sekretaris Departemen Biokimia Fakultas Kedokteran dr. Rauza Sukma Rita, PhD, dan Ketua Departemen Kebidanan Dekan Fakultas Kedokteran Yulizawati, SST., M.Keb.

Prof. Judith Mc-Ara Couper sebagai PIC dalam aktifitas di Auckland University of Technology telah menyusun serangkaian aktifitas sehubungan dengan kunjungan tersebut. Host university menyambut hangat kedatangan tim dari Universitas Andalas.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Universitas Andalas in line dengan program yang dilaksanakan di Auckland University of Technology.

Pembahasan MoU dihadiri oleh Professor Brett Cowen, Dean Faculty of Health & Environmental Studies, Professor Nada Signal is the Associate Dean of Postgraduate Research within the Faculty of Health and Environmental Sciences, Professor Michael Petterson, FHES Interim International Engagement, Professor Judith Mc AraCouper Head of School of Clinical Sciences, Tania Fleming Head Department of Midwifery, and Jenny Wang-Chen dari internasional office.

Kegiatan tersebut telah menghasilkan draft MoU yang akan ditandatangani oleh kedua belah pihak. Implementation agreement kegaitan yang dilaksanakan oleh tim dari Universitas Andalas telah ditandatangani oleh Prof. Judith Mc-Ara Couper.(*)

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik