Surabaya (UNAND) – Tim Burger Cinta (Bucin) Universitas Andalas berhasil menjadi juara 3 dalam ajang KMI Award setelah IPB University dan Universitas Gajah Mada (UGM) yang digelar di UPN Veteran Jawa Timur pada 22-25 November 2022.

Tim ini beranggotakan Ifan Arenza, Syahiratul Aini, dan Arif Maulana yang didampingi oleh Ma’ruf, Ph. D Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

“Mereka berhasil menjuarai KMI Award tersebut melewati berbagi proses kompetisi dimulai dari seleksi proposal pada enam bulan dalam pendanaan P2MW hingga 25 juta,” ujar Kepala UPT Kewirausahaan Dr. Oknovia Susanti, ST, M.Eng.

Disampaikannya seleksi Tim ini diawali dari Universitas Andalas oleh UPT kewirausahaan dan berhasil lolos empat tim, setelah program berjalan enam bulan dilanjutkan seleksi keuangan serta proposal agar bisa mengikuti KMI Award 2022 di Surabaya.

“Akhirnya pada Oktober diputuskan tim ini berhak dan layak ikut kompetisi KMI Award 2022 ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Oknavia menjelaskan KMI Expo merupakan kegiatan yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun yang diadakan oleh Direktorat Belmawa, Ditjen Diktiristek, Kemendikbudristek dan dihadiri lebih dari 400 universitas seluruh Indonesia dengan total peserta mencapai 1.500 peserta.

“Peserta adalah saringan dari 1.000 proposal wirausaha yang masuk ke Belmawa dimana masing-masing universitas boleh mengirimkan proposal maksimum enam proposal, satu proposal memiliki 3 - 4 orang mahasiswa,” sambungnya.

Disampaikannya kegiatan utama salah satunya KMI award yang menjadi ajang apresiasi dan anugrah kepada wirausaha yang lolos seleksi P2MW setelah pendanaan hingga 25 juta. “Artinya peserta yang ikut KMI Award adalah mereka yang berhasil lolos P2MW (Program Pembiaan Mahasiswa Wirausaha) dengan pendanaan hingga 25 juta, dan lolos seleksi keuangan serta proposal hingga dapat menjadi peserta KMI Award,” terangnya.

Sementara itu, Ifan Arenza mengatakan tim ini membawa usaha Burger Cinta yang merupakan inovasi usaha burger terbaru dengan patty ubi jalar, memiliki tujuan mulia dalam peningkatan kesejahteraan petani ubi jalar dan lapangan pekerjaan di Indonesia. (*)

Humas dan Protokol UNAND