Padang (UNAND) - Sekitar 500 orang siswa dari tiga SMAN berbeda di Sumatera Barat, memenuhi gedung Convention Hall Universitas Andalas dalam rangka studi kampus pada Kamis (20/10).

Ketiga sekolah yang mengirim siswa untuk berkunjung ke kampus UNAND Limau Manis tersebut adalah SMA Negeri 1 Sungai Puar, SMA Negeri 2 IV Koto, dan SMA Negeri 4 Payakumbuh. 

Pada kegiatan ini, siswa serta majelis guru mendengarkan paparan mengenai UNAND, mulai dari ragam fakultas dan jurusan, fasilitas, akreditasi, hingga jalur penerimaan mahasiswa baru, melalui penyampaian materi dan penayangan video.

Kepala Seksi Layanan Administrasi Pendidikan Asrul Ikhya, SAP. MAP menyebut kegiatan visitasi ini dilaksanakan sebagai salah satu program sekolah dengan tujuan untuk mensosialisasikan mengenai pembelajaran di kampus, dan diharapkan dapat meningkatkan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi.

“Ini adalah momentum bagi adik-adik untuk melanjutkan ke perguruan tinggi,” tambahnya.

Dalam pemaparan materi yang disampaikan oleh Dr. M. Isra, beliau menyinggung soal pemahaman yang masih keliru soal jurusan favorit. Beliau mencontohkan, negara Belanda yang luasnya tidak lebih besar dari provinsi Sumatera Barat, menggunakan ilmu untuk menjadi negara terhebat di bidang yang terkesan tidak favorit di perkuliahan.

“Kenapa Belanda bisa menjadi negara dengan pengolahan susu dan produk susu terbesar di dunia, karena mereka mengelola pertanian dan peternakan itu dengan ilmu pengetahuan,” ujarnya. 

Ia menekankan, tidak semua siswa harus masuk ke jurusan yang sama, tidak semua harus berminat ke hal yang sama. “Sehingga, Bapak Ibu guru, jangan dipaksa siswa-siswa semua mendaftar ke satu atau beberapa jurusan saja.”ungkapnya.

Sementara itu, siswa-siswi peserta tampak senang dan antusias baik dalam sesi  materi maupun sesi tanya jawab mengenai kampus. Tak sedikit yang terkesan dengan luas kampus UNAND yan mencapai 500 hektar ini. “Kampusnya bagus, luas, dan adem,” ujar salah seorang siswa yang datang pertama kali menginjakkan kaki di UNAND.(*)

Humas dan Protokol UNAND