Padang (UNAND) - Universitas Andalas bersama Bank Mandiri membagikan sebanyak 1.344 Buku Tabungan bagi mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) dan Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) tahun 2022, pada kegiatan Monitoring dan Evaluasi serta Pendistribusian Buku Tabungan pada Senin (31/10) di Auditorium UNAND Kampus Limau Manis.

Angka tersebut terdiri dari 1.301 orang penerima KIP-K reguler, 4 orang penerima KIP Usulan Masyarakat, 33 orang penerima ADik 3T, dan 6 orang penerima ADik Papua. Keseluruhan penerima KIP-K berasal dari 82 Kabupaten/Kota di 16 provinsi, sementara penerima ADik berasal dari 30 kabupaten/kota berbeda di 10 provinsi di Indonesia.

Dalam penyelenggaraan kegiatan ini, mahasiswa didampingi pula oleh orang tua yang turut hadir dan menyimak penjelasan mengenai pelaksanaan KIP-K serta ADik.

“Capaian pemberian beasiswa ini merupakan upaya dan wujud nyata UNAND sebagai bagian penyelenggaraan perguruan tinggi yang inklusif bagi seluruh masyarakat, terutama bagi masyarakat kurang mampu,” ujar Direktur Kemahasiswaan UNAND, Khandra Fahmy, S.TP, MP, Ph.D.

Dalam laporannya juga disebutkan bahwa pada tahun ini , Bank Mandiri dipercaya sebagai mitra yang mengurusi pendistribusian KIP-K dan ADik di UNAND.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri mengatakan ada kompensasi yang harus dibayarkan oleh mahasiswa yang menerima perhatian khusus dari negara. “Kompensasi tersebut berupa prestasi, baik prestasi akademik maupun non akademik, lulus tepat waktu, berpengalaman dalam organisasi, memiliki kemampuan bahasa asing, serta adaptasi dengan teknologi dan informasi.” ungkapnya.

Ditekankannya mahasiswa untuk aktif dalam berkegiatan luar akademik, karena hal tersebut dapat mendukung pengembangan diri, menambah pengalaman, dan mengasah kemampuan yang membantu mahasiswa untuk lebih siap menghadapi dunia kerja setelah lulus kuliah. (*)

Humas dan Protokol UNAND