Padang (UNAND) – Sebagai upaya untuk meningkatkan mutu lulusan dalam menghadapi dunia kerja, Universitas Andalas memberikan pembekalan melalui pelatihan karir.

Mengusung tema "Managing The Trickiest Part of a CV and Interview for a Job Seeker" menghadirkan Dwi Kartika Sari dan Lafiona Grezelda Axiata Future Leaders pada Rabu (2/11) di Gedung Convention Hall Kampus UNAND Limau Manis Padang.

Direktur Kemahasiswaan Universitas Andalas Khandra Fahmi, Ph. D mengatakan kegiatan ini merupakan kali pertama dilakukan untuk pembekalan calon wisudawan sehingga fresh graduate dapat mendapatkan pekerjaan atau membuka lapangan pekerjaan.

“Ketika nantinya alumni mendapatkan pekerjaan atau membuka lapangan pekerjaan itu juga akan memberikan kontribusi dalam peningkatan kinerja universitas,” ujarnya yang didampingi oleh Kepala Subdit Pengembangan Kreativitas Kemahasiswaan Dr. Eng Meifal Rusli.

Ditambahkannya kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan membuka wawasan bagaimana menghadapi persaingan dunia kerja yang berbeda dari dunia kampus. Khandra mengharapkan lulusan Universitas Andalas segera mendapatkan pekerjaan yang layak kurang dari enam bulan.

Pembekalan ini berlangsung selama dua sesi, sesi pertama diikuti oleh fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Teknik, MIPA, Hukum, Farmasi dan Peternakan. Sedangkan untuk sesi kedua diikuti oleh fakultas ISIP, Pertanian, Teknologi Pertanian, Ilmu Budaya, Ekonomi dan Bisnis, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan dan Teknologi Informasi.

Dwi kartika sari  atau lebih akrab disapa Didi dan partnernya Lala berkolaborasi menyampaikan materi pembekalan mengenai bagaimana mengisi CV yang baik dan benar serta kiat-kiat dalam wawancara.

Didi juga menekankan pada wisudawan pentingnya belajar bahasa asing untuk memasuki dunia kerja yang lebih luas. "walaupun sebuah perusahan itu lokal namun petinggi dan investor tidak menutup kemungkinan berasal dari luar" ujarnya.

Humas dan Protokol UNAND