Padang (UNAND) - Ustad kenamaan Indonesia, Prof. H. Abdul Somad, Lc., D.E.S.A., Ph.D atau yang akrab disapa UAS, ikut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-66 Universitas Andalas dengan memberikan kuliah umum bertajuk “UNAND Bersyukur” pada Senin (7/11) di Auditorium UNAND kampus Limau Manis.

Tema bahasan yang diangkat adalah “Menjalin Ukhuwah Islamiyah dalam Wawasan Kebangsaan”. Topik tersebut sengaja dipilih untuk memberikan ruang pembahasan mengenai sikap berbangsa dan beragama yang sarat akan isu toleransi, dari sisi pandang seorang muslim.

Dalam kuliahnya, UAS menekankan pentingnya toleransi antar umat beragama, yang hal tersebut sudah dicontohkan sendiri oleh Rasul. Beliau memaparkan bahwa Nabi Muhammad memiliki keluarga dari kaum Yahudi, yaitu keluarga dari istrinya yang bernama Sofiyah, dan salah satu anak yang diberikan padanya berasal dari keluarga Kristen (Nasrani).

Ditambahkannya terjadinya piagam Madinah pada masa lalu yang berisi mengenai kewajiban seluruh agama untuk bersama-sama menjaga kota Madinah juga merupakan bentuk toleransi umat beragama yang dapat dicontoh saat ini.

“Dalam Islam sudah diatur, yaitu “untukmu agamamu dan untukku agamaku”. Pada sejarahnya pun, Nabi Muhammad SAW pernah membolehkan salah satu umatnya untuk bekerja dengan orang Yahudi, selagi itu tidak berkaitan dengan aqidah,” ujarnya.

UAS juga membacakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang ditulis oleh peserta kuliah umum. Mulai dari pertanyaan mengenai jodoh, praktek bersekutu dengan jin (santet), hingga demokrasi di Indonesia.

Sempat menyinggung soal radikalisme, beliau pun menekankan, bahwa kehadirannya di UNAND menjadi bukti bahwa dirinya bukan pihak radikal dan merupakan orang yang menginginkan perdamaian di Indonesia, menyangkal rumor yang sempat menerpa dirinya.

Kuliah umum ini dihadiri oleh keluarga besar Universitas Andalas, mulai dari dosen, tenaga kependidikan, hingga mahasiswa, serta masyarakat umum. Padatnya gedung auditorium menjadi bukti tingginya antusiasme masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini.(*)

Humas dan Protokol UNAND