Jawa Timur (UNAND) – Universitas Andalas meloloskan dua tim menuju babak final dalam ajang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2022 yang berlangsung di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

Kontes ini berlangsung dari tanggal 11-15 November dengan mengusung tema “Inovasi Teknologi Perkalapalan Digital dan Augemented Reality untuk Mendukung Pertahanan Keamanan Nasional”.

Direktur Kemahasiswaan Universitas Andalas Khandra Fahmi, Ph. D mengemukakan KKCTBN ini  merupakan perlombaan yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi Republik Indonesia.

KKCTBN tahun 2022 diselenggarakan untuk mahasiswa yang didukung oleh akademisi, praktisi, dan institusi untuk memberikan sumbangsih pemikiran. Perlombaan KKCTBN tahun 2022 secara umum terbagi atas tiga katagori kontes yakni Lomba Desain Kapal Militer, dan Lomba Pembuatan dan Performa Prototipe Kapal Militer ASSD, ERC, FERC.

“Perkembangan dunia yang semakin menuju automatisasi, digitalisasi dan augmented reality dalam bidang engineering perlu diikuti bahkan jika dapat bangsa Indonesia menjadi leader di masa mendatang dibidang tersebut,” ujarnya.

Ditambahkan Khandra hal ini didukung bonus demografi usia produktif sumber daya manusia di ulang tahun Indonesia emas memerlukan persiapan, pelatihan dan cara berfikir kritis-logis untuk menyongsong kemajuan dimasa datang.

“Teknologi augmented reality metaverse menjadi topik hangat untuk dikuasi dalam bidang engineering, dengan teknologi ini desainer dapat menghadirkan dunia maya ke dunia nyata dengan biaya yang relative murah sehingga dapat di wujudkan kedalam dunia nyata,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan Mahasiswa perlu mengambil peranan penting dalam hal ini dengan mengusulkan konsep dan pembuatan inovasi teknologi maritime digital dan desain augmented reality yang dapat diaplikasikan untuk mendukung pertahanan dan keamanan.

Disampaikannya dua tim Universitas Andalas yang lolos ke babak final ini yakni Singo Lauik 004 yang ikut pada lomba pembuatan performa Protype Kapal High Speed Support Vessel (HSSV) Catamaran dengan daya Electric Remote Control (ERC).

Singo lauik ini beranggotakan Ian Kevin, Muhammad Helmi Ghadafi, Muhammad Recky Vanza, Hari Yulzakri, dan Husnul Khusnaini dibawah bimbingan Haznam Putra, MT.

Kemudian, Tim Biduak Robin 002 yang ikut pada lomba Pembuatan dan Perfoma Proto Type Kapal Patroli Catamaran dengan daya Fuel Engine Remote Control (FERC) yang beranggotakan Ilham Pradana Putra, Gardhika Edsa Nugraha, Ahmad Abel Alfando, Nanda Febriyan, dan M. Ikhwanul Arif dibawah bimbingan Dr. Dendi Adi Saputra, MT

Khandra berharap tim dari Universitas Andalas dapat meraih hasil yang terbaik dan mengharumkan nama almamater dalam ajang ini.(*)

Humas dan Protokol UNAND