Padang (UNAND) - Fakultas Keperawatan Universitas Andalas mengirimkan tiga mahasiswanya untuk mengikuti Program Credit Earning di Universiti Malaya selama tiga bulan dengan kredit mata kuliah sebanyak 16 SKS.

Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Andalas Hema Malini, SKp, MN, PhD mengungkapkan kegiatan ini meruapakan salah satu upaya untuk menciptakan lulusan sarjana yang berdaya saing secara global dengan memberikan berbagai jenis program pertukaran dalam menunjang pengembangan ilmu pengetahuan.

“Program Credit Earning ini merupakan program pengampuan mata kuliah (sks) bekerja sama dengan perguruan tinggi lain baik dalam maupun luar negeri,” ujarnya. Ditambahkannya program ini diberikan oleh Universitas Andalas sebagai bentuk akselerasi internasionalisasi dan capacity building perguruan tinggi serta menuju World Class University.

“Sejalan dengan tujuan ini, Fakultas Keperawatan memberikan kesempatan untuk mahasiswa agar dapat mengikuti program kredit mata kuliah di salah satu universitas terbaik yang ada di Asia Tenggara,” ungkapnya yang didampingi oleh Wakil Dekan I Nelwati, Ph. D. saat melepas keberangkatan di Ruang Kerja Wakil Rektor I Universitas Andalas pada Senin (21/11).

Dikatakannya sebanyak tiga  mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Andalas yaitu Fitria Rahmi Meilani, Nurlita Sholatul Aini, dan Luthfiah Khairunnisa Syadri terpilih untuk mengikuti program ini, di kampus yang terdaftar sebagai 70 besar Universitas Terkemuka menurut QS Word University Ranking.

“Mata kuliah yang diampu antara lain Obstetric and Gynecology Nursing, Paediatric Nursing, Nursing Research, dan, Professionalism and Legal Aspect,” tambahnya. 

Sementara itu, Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Mansyurdin mengungkapkan melalui program ini, mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar di luar kampus serta praktik lapangan secara langsung di rumah sakit pendidikan miliki University Malaya yaitu University Malaya Medical Centre. “Dari program ini, diharapkannya mahasiswa Fakultas Keperawatan dapat berwawasan internasional dan siap menjadi sarjana yang berdaya saing global,” ujarnya.

Disamping itu, program ini diharapkan dapat mengharumkan nama Universitas Andalas di kancah internasional serta memberikan hasil yang maksimal untuk menjadi sarjana keperawatan yang inovatif dan berdaya saing global. (*)

Humas dan Protokol UNAND