Padang (UNAND) – Sebanyak delapan orang mahasiswa S2 dan S1 Universitas Andalas yang mengikuti kegiatan Sakura Science selama sembilan hari di Kobe University dan Osaka Metropolitan University telah menyelesaikan program tersebut.

Kedelapan peserta tersebut merupakan mahasiswa Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem yang berlangsung dari 27 November hingga 4 Desember dengan didampingi didampingi oleh Dr. Eng. Muhammad Makky, S.TP, M.Si.

Makky mengatakan Sakura Exchange Program Science ini merupakan kerja sama Universitas Kobe (Jepang), Universitas Ruhuna (Sri Langka), Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Andalas.

Dikatakannya ini memasuki tahun ke-4, dan telah mengirimkan total 53 orang mahasiswa UNAND sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2019 lalu yang didukung dengan pendanaan dari Japan Science Technology (JST).

Lebih lanjut, ia mengatakan masing masing mahasiswa telah mendapatkan pengalaman akademik maupun non akademik selama kegiatan berlangsung. “Selama kegiatan para mahasiswa juga telah melakukan aktifitas dan komunikasi bersama para Profesor dan Dosen, sehingga diharapkan dapat menjadi modal untuk studi lanjut pendidikan mereka,” sambungnya.

Dikatakannya dengan sertifikat Penyelesaian Sakura science ini maka Para Mahasiswa tergabung kedalam alumni Program Sakura sehingga banyak mendapatkan info peluang beasiswa studi lanjut, program magang, maupun program training di Jepang. “Sertifikat ini juga dapat dimanfaatkan oleh program studi untuk akreditasi dan juga menunjang data Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas Andalas,” ungkap Makky.

Disamping itu, disampaikannya dengan kegiatan ini juga, maka mitra Profesor dan Dosen di dua Universitas Jepang (Kobe dan Osaka) serta Sri Lanka (Ruhuna university) dapat menjadi referee bagi Universitas Andalas dalam rangka peningkatan Reputasi Akademik pada Survey QS World University Ranking.(*)

Humas dan Protokol UNAND