Padang (UNAND) - Resimen Mahasiswa (MENWA) Batalyon 101 Mahawira Universitas Andalas resmi dinahkodai oleh Komandan Prasetyyo untuk masa bakti 2022-2023, ditandai dengan serah terima jabatan yang dilaksanakan pada Kamis (8/12) di Convention Hall UNAND Kampus Limau Manis.

Prasetyyo yang merupakan mahasiswa Departemen Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya asal Pasaman, terpilih menggantikan komandan sebelumnya, M. Reza Arepas yang memimpin pada masa jabatan 2021-2022. 

Menwa sendiri dibentuk sebagai implementasi pasal 30 Undang-Undang Dasar 1945 ayat 1 yang berbunyi, “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara”.

“Resimen Mahasiswa merupakan wadah untuk mempelajari dan membekali diri menjadi kader bela negara yang berwawasan kebangsaan. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) MENWA telah mengambil peran sebagai warga negara, disamping mereka belajar, namun turut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan,” terang Prof. Mansyurdin Wakil Rektor I Universitas Andalas yang didampingi Ir. Amrizal Anas, MP sebagai Pembina Menwa.

Disampaikannya, UNAND sangat mengapresiasi hal tersebut, dan juga karena MENWA banyak terlibat langsung dalam setiap kegiatan kampus, mulai dari BAKTI, wisuda, dan sebagainya.

Melalui serah terima jabatan ini, selain mengucapkan selamat kepada pengurus baru, Prof. Mansyur juga menekankan agar UKM lebih waspada terhadap tindakan perpeloncoan senior kepada junior yang tidak jarang terjadi. Meski begitu,diakuiny hal tersebut sudah tidak ditemukan lagi di UNAND.

“Juga, kami ingatkan kembali untuk setiap UKM, agar tetap menjaga nama baik Universitas Andalas dimanapun berada,” tukasnya. (*)

 

Humas dan Protokol UNAND