Padang (UNAND) - Universitas Andalas menyambut siswa-siswi dari dua sekolah yaitu SMA Plus Jabal Rahmah Mulia, Medan, dan SMAN 1 Tilatang Kamang, Agam, dalam rangka studi kampus dan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2023, pada Rabu (18/1).

Kegiatan visitasi yang dihadiri hampir 300 orang ini dilakukan di Convention Hall Kampus Limau Manis UNAND dan merupakan salah satu program dengan tujuan untuk memperkenalkan kehidupan dan pembelajaran di kampus, serta mensosialisasikan sistem baru penerimaan mahasiswa yang mulai berlaku di tahun ini.

Dimana, terdapat 3 jalur penerimaan mahasiswa tahun 2023 yakni SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes), dan Mandiri.

Pada kesempatan tanya jawab, beberapa siswa menanyakan berbagai aktivitas organisasi dan non akademik yang dapat dilakukan jika berkuliah di UNAND.

Dr. Tesri Maideliza, M.Si, M.Sc. yang hadir sebagai narasumber menjelaskan berbagai macam jurusan dan fakultas yang ada di UNAND, yakni terdapat sebanyak 15 fakultas dengan 134 pilihan program studi. Beliau juga memberikan gambaran prospek kerja dari beberapa jurusan tersebut. 

"Terdapat banyak organisasi di UNAND, namanya UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), diantaranya MAPALA untuk yang suka mendaki gunung, Neo Telemetri untuk yang suka komputer, Genta Andalas untuk yang suka jurnalistik, dan masih banyak lagi, hanya menyesuaikan saja dengan bakat dan minat mahasiswa karena akan sangat penting bagi mahasiswa dan keberlangsungan kampus," jelasnya.

Dr. M. Yusra, sekretaris Departemen Hubungan Internasional turut menambahkan penjelasan mengenai program Kampus Merdeka yang dijalankan UNAND, yang sempat ditanyakan peserta. "Kampus Merdeka ini merupakan program yang dibesut oleh Kementerian, dan ada banyak macamnya. Ada yang berbentuk magang di perusahaan, ada yang berbentuk pertukaran pelajar dalam negeri (Pertukaran Mahasiswa Merdeka) maupun luar negeri yang dinamakan IISMA (Indonesia International Student Mobility Award)," paparnya. 

Selain itu, ia juga menjelaskan berbagai program lain di Kampus Merdeka seperti Studi Independen dan Membangun Desa. "Program Kampus Merdeka ini banyak yang setara dengan 20 SKS. Jadi nanti dicari mata kuliah yang sesuai, dan nilainya dikonversi di jurusan masing-masing," pungkasnya.

Kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan antusiasme siswa-siswi untuk berkuliah, baik di UNAND maupun di kampus lain, baik dari jalur prestasi maupun jalur tes.

Humas dan Protokol UNAND