Malaysia (UNAND) – Tiga mahasiswa Universitas Andalas menjadi delegasi Indonesia pada Konferensi International dalam event International Youth Exchange & Conference (IYEC) Chapter 3 Countries yang diadakan di Thailand, Malaysia, dan Singapura pada tanggal 14-19 Oktober 2022 lalu.

Agusti Azones Abimanyu, Mahasiswa Peternakan angkatan 20 Universitas Andalas membawa Paper Dadih Yoghurt Khas Minangkabau dalam mengentaskan misi SDGs Nomor 3  dengan judul “Optimalisasi Potensi Potensi Plasma Nutfah Minangkabau untuk 1.000 Hari Kehidupan Awal Manusia: Studi Analisis Pangan Dadih terhadap Kesehatan Ibu Hamil dan Anak Indonesia” dan berhasil meraih predikat best paper & best presentation.

Nonia Putri Rizlen, Mahasiswi Departemen Ilmu Komunikasi angkatan 20 FISIP Universitas Andalas merupakan satu satunya perempuan yang mewakili UNAND dengan membawakan paper terkait hak-hak perempuan sesuai dengan SDGs nomor 5 tentang kesetaraan gender dan Feminisme.

Paper dengan judul “Optimalisasi Peran Perempuan Dalam Pembangunan Indonesia (Dari RA. Kartini untuk Kartini Masa Kini)”. Menjadi suatu kebanggaan telah menyuarakan hak-hak perempuan dalam berbagai aspek dan mewakili suara perempuan-perempuan Indonesia untuk mendapatkan hak dan keadilan. 

Redho Prima Nanda, Mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi angkatan 21, FISIP Universitas Andalas memberikan Inovasinya terkait dengan keadilan dan kesejahteraan yang berfokus pada masyarakat sekitar tambang di Kalimantan Selatan dengan judul paper “Penerapan Fan Filter Air Diffuser Bagi Perbaikan Kualitas Lingkungan dan Mewujudkan Keadilan Lingkungan Masyarakat Sekitar Tambang di Kalimantan Selatan” dalam mengentaskan misi SDGs nomor 16 tentang perdamaian, keadilan, dan institusi yang kuat. 

Selain konferensi terdapat beberapa agenda lainnya diantaranya University Orientation, Discussion with Minister KBRI in Malaysia, Discussion with Consulate in Songkhla,Thailand  (Bapak Suargana Pringganu), Meet Student Abroad ( National university Of Singapore), dan City Tour 3 countries.(*)