Fasilitas dan Sarana

Convention Hall

Convention Hall diresmikan oleh Prof. Dr. Ir Musliar Kasim MS, sebagai Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 24 November 2012. Acara peresmian ini didahului dengan acara serah terima gedung dari Koperasi Madani yang diwakili oleh Ketua Koperasi Madani, Prof, Firman Hasan SH. LLM dan disaksikan oleh seluruh pimpinan tingkat universitas dan fakultas. Convention Hall dapat digunakan untuk seminar, workshop, perayaan dies natalis, lustrum dan kegiatan lainnya.

Auditorium

Auditorium adalah gedung pertemuan yang biasanya digunakan untuk Wisuda mahasiswa, seminar, workshop dan kegiatan lainnya. Gedung ini memiliki kapasitas daya tampung ± 2.500 orang.

Masjid Nurul Ilmi

Untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan warga kampus, telah dibangun satu buah masjid, yaitu Nurul Ilmi. Di samping tempat ibadah, juga berkaitan dengan pengembangan rohani dan aktivitas sosial kemasyarakatan lainnya.

Selain masjid utama, terdapat beberapa masjid lainnya yang tersebar di berbagai fakultas di lingkungan Universitas Andalas, juga terdapat ruang shalat pada setiap gedung perkuliahan.

Asrama mahasiswa

Asrama mahasiswa Unand merupakan unit layanan yang memberikan dukungan layanan hunian bagi mahasiswa. Pada tahun 2012 terdapat enam bangunan asrama dengan beberapa fasilitas dasar seperti masjid, kafetaria, ruang belajar, ruang televisi, pantry, mini market, dan fasilitas olahraga.

Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM)

Universitas Andalas sejak bulan November 2001 telah memiliki gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) yang diresmikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri. Di gedung ini ditempatkan sekretariat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) tingkat fakultas sampai BEM Keluarga Mahasiswa (KM) Universitas Andalas, Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM) fakultas sampai tingkat universitas.

Sarana Olahraga

Unand dalam memicu dan meningkatkan aktivitas olahraga mahasiswa telah membangun berbagai sarana olahraga, seperti:

  • Lapangan sepak bola
  • Lapangan tenis
  • Lapangan bola basket
  • Lapangan bulu tangkis
  • Lapangan bola voli
  • Lapangan futsal
  • Sarana panjat tebing, dan sebagainya
Transportasi

Mengingat posisi Unand yang relatif jauh dari pusat kota Padang, yaitu ± 15 km, maka sejak bulan Februari tahun 1992 pihak Unand telah menyediakan transportasi khusus bagi warga kampus dari kampus ke Kapalo Koto dan Pasar Baru, begitu juga sebaliknya. Sumber dana pengadaan bus kampus berasal dari berbagai pihak, sumbangan dari presiden dan termasuk sumbangan mahasiswa sendiri.

Rumah Sakit UNAND

Rumah Sakit Unand merupakan Rumah sakit Perguruan tinggi Negeri (RSPTN) yang berada dibawah pengelolaan Universitas Andalas. Rumah sakit yang berada di kompleks kampus Unand Limau Manis, kecamatan Pauh, kota Padang, Sumatera Barat. Rumah sakit ini berdiri di atas tanah seluas 3.5 Ha dengan luas bangunan 21.306 m2 didirikan dengan dana dari Islamic Development Bank (IDB).

Rumah sakit ini dibangun dengan 200 tempat tidur serta difasilitasi dengan sarana dan prasana yang cukup lengkap yang telah disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Fasilitas yang ada di rumah sakit ini sangat lengkap, dengan program unggulan pada penyakit keganasan dan gastrointestinal. Pelayanan meliputi pelayanan rawat jalan, pelayanan rawat inap, pelayanan kamar operasi, pelayanan UGD, instalasi farmasi, pelayanan pasien rujukan, pelayanan ICU, ambulance, pelayanan penunjang (radiologi, laboratorium dan gizi) serta dilengkapi fasilitas radioterapi yang sangat modern.

Bumi Perkemahan Mahasiswa dan Tempat Evakuasi Sementara (TES)

Bumi Perkemahan Mahasiswa dan Tempat Evakuasi Sementara (TES) digunakan untuk UKM Pramuka Universitas Andalas yang terus mengadakan kegiatan tahunan yang disebut dengan FIESTA, tempat upacara bendera, lokasi evakuasi bencana di kota Padang dan dapat digunakan untuk berbagai kegiatan lainnya.

Bank Center

Bangking Center merupakan unit layanan yang memberikan dukungan bagi mahasiswa dan kariawan Universitas Andalas. Terdiri dari kantor cabang Bank Nagari, Bank Mandiri, BNI, dan Bank Syariah Indonesia (BSI).

Rumah Sakit Gigi dan Mulut

Setiap Fakultas Kedokteran Gigi diwajibkan mempunyai Rumah Sakit Gigi dan Mulut. Fasilitas ini digunakan oleh tempat praktek mahasiswa, melayani karyawan dan pasien umum. Rumah Sakit ini berada di Jalan Perintis Kemerdekaan no 77 Jati Padang.

Pusat Pengelohan Sampah Terpadu (PPSTP)

Unand memproduksi cukup banyak sampah setiap harinya.Sampah ini juga telah dikelola dengan sistem yang dirancang oleh beberapa dosen dari Jurusan Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik. Untuk mengoptimalkan nilai sampah, serta menciptakan lingkungan sehat, bersih, serta untuk mengubah pandangan dan perilaku masyarakat terhadap sampah dan untuk mendidik masyarakat peduli pada lingkungan. Sampah yang selama ini dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) Kota Padang telah dimanfaatkan sedemikian rupa sehingga mempunyai nilai ekonomis dan dimanfaatkan untuk kepentingan pupuk tanaman di lingkungan kampus. Pupuk yang dihasilkan telah dapat dijual secara komersil kepada masyarakat dan pengusaha.