Padang (UNAND) - Universitas Andalas menandatangani nota kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, tentang Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, pada Kamis (1/12) di Ruang Sidang Senat Lantai 4 Rektorat kampus Limau Manis.

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri, S.H, M.H dan pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Ir. Agus Sanusi, M.Si

“Salah satu misi Bupati adalah meningkatkan sumber daya manusia (SDM) terutama pada kesehatan dan pendidikan, tujuannya untuk meningkatkan pelayanan dasar kesehatan. Kerjasama ini dilakukan sebagai solusi jangka panjang untuk itu,” ujar Agus.

Disampaikannya, ada dua rumah sakit di Kabupaten Tanjung Jabung Barat saat ini, dengan kondisi kekurangan tenaga dokter, khususnya dokter spesialis. Melalui kerjasama ini, ia mengharapkan UNAND mengirim dokter yang nanti ditempatkan di daerah, dan tidak pindah dalam waktu singkat seperti yang sering terjadi. 

“Harapannya, kerjasama ini bukan hanya dengan Fakultas Kedokteran, tapi juga dengan 15 fakultas lain di UNAND, misalnya melalui pengabdian masyarakat,” tambahnya.

Rektor UNAND juga menyambut baik kerja sama yang dijembatani dengan MoU dan PKS ini. Ia menyebut kerja sama ini diharapkan dapat memberi manfaat baik bagi kedua belah pihak. 

“Banyak program yang tentunya bisa kita kerjasamakan dengan pemerintah, dan mudah-mudahan berjalan dan memberi manfaat bagi UNAND maupun masyarakat Tanjung Jabung Barat,” ujar Rektor.(*)

Humas dan Protokol UNAND