Padang (UNAND) – UPT Perpustakaan Universitas Andalas menerima kunjungan dari Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Provinsi Bengkulu pada Jumat (9/12) yang lalu yang dipimpin langsung oleh Sutriono.

Sutriono mengungkapkan kunjungan ini dalam rangka studi tiru dan peningkatan kapasitas Pustakawan Bengkulu yang tergabung dalam IPI Cabang Bengkulu serta membangun jejaring kerja sama Pustakawan dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Disamping kegiatan ini, juga diselenggarakan Workshop tentang Kurikulum Literasi Informasi dengan pemateri Andi Saputra, Sub Koordinator UPT.Perpustakaan Universitas Andalas dan Zulfitri Durin, Pustakawan Madya UIN Imam Bondjol.

Zulfitri Durin mengatakan pustakawan harus mampu mengetahui sumber-sumber literasi informasi online yang gratis seperti i-pusnas, e-resources perpusnas dan berbagai repository perguruan tinggi yang open access. “Tujuannya untuk membantu pemustaka dalam memenuhi kebutuhan informasi penelitiannya,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan pentingnya pustakawan menguasai e-reference untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustaka.

Sementara itu, Yasir Kepala UPT Perpustakaan Universitas Andalas mengatakan pentingnya kerja sama antara Pustakawan yang tergabung dalam beberapa Universitas baik negeri maupun swasta.

“Sebagai bentuk untuk saling belajar dalam meningkatkan wawasan tentang perkembangan teknologi perpustakaan dan kepustakawanan,” terang Yasir.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan PKS Universitas Andalas dengan beberapa Perguruan Tinggi yakni dengan Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Institut Agama Islam Negeri Curup, UPT. Perpustakaan STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu.

Lalu, dengan UPT. Perpustakaan Universitas Bengkulu, UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu.(*)

Humas dan Protokol UNAND