Padang (UNAND) – Menteri Perindustrian Republik Indonesia Dr. Agus Gumiwang Kartasismita, M.Si mengundang mahasiswa Universitas Andalas untuk mendalami terkait digitalisasi.

Hal itu, disampaikannya saat memberikan kuliah umum pada Senin (4/9) di Gedung Convention Hall Kampus Limau Manis dihadiri civitas akademika Universitas Andalas, dan juga mahasiswa perguruan tinggi lain yang ada di kota Padang.

Menperin menjelaskan Pusat Industri Digital Indonesia (PIDI) 4.0 merupakan salah satu prioritas nasional making Indonesia yang dibangun untuk membantu industri di Indonesia bertransformasi menuju industri 4.0. 

“PIDI 4.0 merupakan fasilitas yang didirikan untuk menjadi solusi satu atap penerapan industri 4.0 di Indonesia, sekaligus menjadi Jendela Indonesia 4.0 pada dunia,” sambungnya yang didampingi oleh semua staf ahlinya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan Kemenperin membangun PIDI 4.0 untuk mendukung dan mengakselerasi transformasi digital pada tujuh sektor manufaktur prioritas, yaitu industri makanan dan minuman, industri tekstil dan pakaian jadi, industri kimia, industri otomotif, industri elektronika, industri farmasi, serta industri alat kesehatan.

Saat ini, PIDI 4.0 memiliki lima layanan utama, yaitu showcase, capability, ekosistem, delivery, serta AI & Engineering. Melalui layanan PIDI 4.0 tersebut, diharapkan PIDI 4.0 dapat menjadi one stop solution dalam mengakselerasi transformasi industri 4.0 di Indonesia.

Senada dengan itu, Muhammad Fadhil mahasiswa Teknologi Informasi Universitas Andalas menyambut baik ajakan dari Kemenperin untuk berkunjung ke PIDI 4.0.

Menurutnya, keberadaan PIDI ini mampu menciptakan Sumber Daya Manusia supaya tidak gagap dengan transformasi teknologi industri 4.0.

Ia berharap Universitas Andalas dapat segera menginfokan lebih lanjut terkait teknis kunjungan ke PIDI 4.0 sehingga ia bersama rekan-rekannya dapat mengambil kesempatan berharga ini.(*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik