Solok (UNAND) - Mahasiswa KKN UNAND Nagari Indudur, Kec. IX Koto Sungai Lasi, Kab. Solok, gelar pemeriksaan mata gratis bagi masyarakat Nagari Indudur pada Sabtu (10/8/2024). Kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama dengan Rumah Sakit UNAND, Departemen Ilmu Kesehatan Mata Fakultas Kedokteran UNAND, dan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata (PERDAMI) Sumbar, dan diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis UNAND ke-68. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk perwujudan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat.

Lebih dari 170 orang masyarakat menghadiri kegiatan yang dilaksanakan di Balai Nagari Indudur tersebut. Dalam rangkaian acara itu, dilakukan pemeriksaan dan pengobatan mata, screening katarak mata, penyuluhan kesehatan mata dan penyakit tidak menular, hingga penyaluran kacamata baca gratis kepada sekitar 156 warga dengan rata-rata usia penerima di atas 40 tahun.

“Awalnya saya merencanakan Skrining dan Pemeriksaan (deteksi dini) Kanker Mulut Rahim, Pemeriksaan Kandungan, tapi karena Pasangan Usia Subur (PUS) di Indudur sedikit, maka saya alihkan ke masalah penyakit mata, yang memang dirasakan paling urgent untuk saat ini. Alhamdulillah kegiatan ini disokong penuh oleh Bapak Rektor, Wakil Rektor 4, Sekretaris Universitas Andalas, dan UPT Pembelajaran di Luar Kampus (PDK),” ujar Drs. Armansyah, M.Hum, Dosen Pembimbing Lapangan bagi mahasiswa KKN Nagari Indudur.

Belilau menjelaskan, keberhasilan program ini tak lepas dari dukungan banyak pihak. Utamanya, 26 mahasiswa yang terlibat, Dekan Fakultas Kedokteran Prof. Dr.dr. Afriwardi, SpKO–yang hadir dan membuka secara langsung acara tersebut, Direktur Rumah Sakit UNAND, Departemen Ilmu Kesehatan Mata, serta 14 orang anggota PERDAMI yang turun langsung ke lapangan yang datang dari berbagai rumah sakit di Sumbar (10 orang dari Padang (terutama dari RS UNAND), 1 orang dari RSUD Sungaidareh Dharmasraya, 1 orang dari RSUD Muaro Sijunjung, 1 orang dari RSUD Kota Solok dan 1 orang dari RSUD Kab. Solok). 

Selain dalam rangka Dies Natalis UNAND ke-68, kegiatan ini juga bertepatan dengan momentum Dies Natalis Fakultas Kedokteran ke-69 yang jatuh pada tahun 2024 ini. 



Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik