Padang (UNAND) – Universitas Andalas kembali menggelar kuliah umum sebagai bagian dari rangkaian kegiatan untuk mempersiapkan calon wisudawan periode IV tahun 2024.  

Acara ini dilaksanakan di Auditorium UNAND pada Jumat (30/8) dengan menghadirkan Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS, Guru Besar IPB University dengan tema "Mempersiapkan Diri Menghadapi Tantangan Global Masa Depan" yang dihadiri 2.116 calon wisudawan. 

Rektor Universitas Andalas, Efa Yonnedi, Ph.D., menyampaikan tantangan di era Revolusi Industri 4.0 sangat erat kaitannya dengan teknologi dan digitalisasi.  

"Di era ini, penguasaan teknologi menjadi kunci keberhasilan dalam berkompetisi di pasar global,” ujarnya. Melalui kuliah umum ini, ia berharap calon wisudawan dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tantangan tersebut. 

Prof. Rokhmin Dahuri dalam kuliah umumnya membahas berbagai tantangan global yang dihadapi masyarakat di masa depan, termasuk transformasi digital, perubahan iklim, dan ketimpangan sosial-ekonomi.  

Ia menekankan lulusan perguruan tinggi harus memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi, menguasai teknologi, serta mengembangkan keterampilan soft skill seperti kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi untuk bisa sukses di masa depan.  

Selain itu, Prof. Rokhmin juga menyoroti pentingnya literasi di kalangan generasi muda. "Literasi adalah fondasi utama untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Generasi muda harus meningkatkan kemampuan literasi mereka agar dapat bersaing secara global dan berkontribusi pada pembangunan bangsa," tegasnya yang pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. 

Kuliah umum ini merupakan bagian dari upaya Universitas Andalas untuk memastikan setiap lulusannya tidak hanya memiliki pengetahuan akademis yang kuat, tetapi juga siap menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif dan dinamis.  

Dengan bekal yang diberikan melalui kuliah umum ini, para calon wisudawan diharapkan dapat berkontribusi secara positif di masyarakat dan terus berinovasi dalam menghadapi perubahan global yang cepat.(*) 

Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik