Padang (Unand) – Setelah terhenti selama dua tahun akibat pandemic covid 19, Training Karakter Andalasian (TAC) kembali digelar secara tatap muka dan bertahap bagi mahasiswa baru Universitas Andalas.

Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri mengemukakan TAC merupakan salah satu rangkaian kegiatan Bimbingan Aktivitas Kemahasiswaan Dalam Tradisi Ilmiah (Bakti) yang diperkenalkan ke seluruh mahasiswa baru.

Universitas Andalas punya karakter tersendiri yang sengaja dirancang dan disosialisasikan kepada seluruh civitas akademika termasuk tenaga kependidikan,” ujarnya saat pembukaan kegiatan Ini pada Selasa (26/7) bersama unsur pimpinan lainnya di Gedung Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang.

Menurutnya karakteristik yang dimiliki ini bisa ditransformasikan dengan baik sehingga akan tercermin sebagai lulusan dan alumni Universitas Andalas. “Makanya untuk saat ini merupakan  bagian pertama yang harus diberikan dan tahun ini bisa diselenggarakan secara langsung,” sambungnya.

Pelatihan Karakter Andalasian ini menjadi modal awal bagi mahasiswa Universitas Andalas agar memiliki karakter SEJATI yang merupakan singkatan dari sabar, empati, jujur, adil, tanggung jawab dan ikhlas.

Karakter Andalasian ini dikembangkan oleh dosen-dosen Universitas Andalas sendiri yang pelaksanaannya dibantu oleh mahasiswa yang telah mengikuti training of trainer (ToT)

Ia meyakini trainer akan menyampaikan dengan berbagai aspek sehingga efektifitasnya akan tercermin dalam kehidupan sehari-hari. "Melalui TAC ini akan melahirkan mahasiswi-mahasiswi dengan kecerdasan emosi yang akan berguna nantinya dalam kehidupan bermasyarakat," ungkap rektor.

Kegiatan ini berlaku untuk seluruh mahasiswa baru Universitas Andalas yang berjumlah 7.200 orang dan ini merupakan gelombang pertama diikuti oleh mahasiswa SNMPTN selama dua hari kedepan. 

Disisi lain, Teguh mahasiswa Fakultas Teknik mengakui ada hal-hal baru yang didapatkan selama mengikuti pelatihan ini. “Ini juga pelatihan karakter yang pertama ia ikuti,”katanya.

Ia berharap dengan mengikuti pelatihan Karakter Andalasian ini dapat merubah sikap maupun kepribadiannya menjadi lebih baik.(*)