Medan (UNAND) – Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Andalas meraih juara II dalam kompetisi Karya Tulis Ilmiah tingkat nasional RXPO yang diadakan oleh Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara (USU).

Adapun mahasiswa tersebut yakni Farzana Zalda As-sajidah (2211017001) sebagai Ketua, Khalishah Sifa Nasution (2211017003) dan Widya Faizatul Zuhri (2211013053) sebagai Anggota.

“Kami berhasil meraih Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah RXPO Tingkat Nasional dalam rangka merayakan Dies Natalis Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara Ke-53. LKTI bertema “The Next Opportunities for The future of Healthcare Towards The Era Society 5.0” yang dilakukan secara daring pada babak penyisihan,” ujar Farza.

Dilanjutkannya untuk babak akhir, tim yang terpilih akan mengikuti tahap presentasi di lokasi perlombaan yakni Farmasi USU.

Lebih lanjut, ia mengatakan pada lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional tersebut, terdapat tujuh delegasi dari lima universitas yang berhasil lolos ke tahap final yakni 2 delegasi dari Universitas Andalas, 2 delegasi dari Universitas Sumatera Utara, 1 delegasi dari Universitas Sriwijaya, 1 delegasi dari UNU Yogyakarta, dan 1 delegasi dari STIKES ISFI Banjarmasin.

Dalam ajang tersebut Juara pertama diraih oleh adalah Tim Fauziah El Farhani Hasti Habibi Samosir dari Universitas Sumatera Utara dengan judul karya ilmiah “Keefektifan Metode Layanan konsultasi Daring Demi Meningkatkan Kesejahteraan Kesehatan Mayarakat yang Optimal”, dan untuk juara tiga diraih oleh Tim Devi Ansyarina dari Universitas Sriwijaya dengan judul karya tulis ilmiah “Ketidaksiapan Masyarakat Terhadap Kemajuan Teknologi Khususnya di Bidang Pelayanan Obat di Era Revolusi Industri 5.0”

Disampaikan Farza dalam penulisan ini, kami dibimbing oleh Dosen Pembimbing apt. Yoneta Srangenge, S.Farm., M.Sc.  dengan mengangkat karya tulis yang berjudul “Development of Food and Nutrient Natalis (Nugget Ampas Tahu Kulit Pisang) Dalam Menanggulangi Malnutrisi di Indonesia”.

Farza mengatakan karyanya dilatarbelakangi oleh malnutrisi yang terjadi di Indonesia dan limbah pangan yang tidak dimanfaatkan masyarakat seperti ampas tahu dan kulit pisang. “Melihat potensi yang ada kami sebagai mahasiswa berkeinginan mengolah limbah tersebut menjadi olahan nugget sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi dan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap produk kami dapat dipasarkan ditengah masyarakat dan diharapkan adanya pengembangan terhadap produk sehingga bertambahnya kandungan nutrisi yang ada. Farza dan Tim juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dekan Fakultas Farmasi Univeritas Andalas Prof. apt. Fatma Sri Wahyuni beserta Civitas Akademia Fakultas Farmasi Universitas Andalas atas dukungan penuh dalam mengikuti kegiatan berskala nasional ini, serta berharap nanti dapat memberikan lagi prestasi-prestasi lainnya dimasa mendatang. (*)