Padang (UNAND) – Sistem Pengawas Internal Universitas Andalas menggelar workshop E-Commerce, Payment Gateway, Cash Management dan Sistem Informasi Keuangan (Review dan Implementasinya) pada Selasa (15/11) di Hotel Truntum Padang.

Workshop ini menghadirkan Mastrialdi, MM IT Founder of IT Consultan Company PT. Inco Global Mediatama Tbk sebagai narasumber serta juga Auditor for IT Audit in KAP Bustaman, Edzeddin, dan Putranto.

Dr. Yusnawati, Ak mengatakan kegiatan ini diikuti oleh bagian keuangan Rektorat, dosen managemen, akuntansi, dan dosen teknik informatika. Disampaikannya yang terpenting control dan security di bagian rektorat, dan selanjutnya akan berkembang kebagian keuangan fakultas serta unit.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan tujuan dari workshop ini untuk memahami E-Commerce, Payment Gateway, Cash Management dan Sistem Informasi Keuangan dengan pemahaman yang baik maka akan membantu kegiatan SPI. “Serta juga mencari bibit untuk penguatan review di sistem informasi,” sambungnya.

Sementara itu, Wakil Rektor II Prof. Dr. dr. Wirsma Arif Harahap, SpB (K) Onk mengatakan Teknologi informasi bukanlah sesuatu hal yang susah didapatkan saat ini, karena sudah masuk ke semua lini kehidupan masyarakat.

“Teknologi informasi terus berinovasi dan bertransformasi serta semakin canggih, dengan kecanggihannya bisa memberikan banyak kemudahan bagi kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Dikatakannya dalam era sekarang sistem informasi bukan hanya di bidang ekonomi saja apalagi Artificial Intelegence (AI) sudah merambah ke semua bidang termasuk bidang kedokteran.

“Banyak bidang-bidang kedokteran seperti alat rontsen sudah menggunakan alat ini, seperti Dokter kulit sekarang sudah pakai foto, dengan menggunakan itu bisa mendeteksi penyakitnya sekaligus mengeluarkan resepnya,” ujarnya.

Disampaikannya, Universitas Andalas harus tanggap dengan ini, jangan hanya sekedar pengikut tetapi juga sebagai pemainnya sehingga tidak dirugikan. “Perlu untuk memahami bagaimana sistem dan juga bagaimana mereviewnya,” sambungnya.

Humas dan Protokol UNAND