Padang (UNAND) - Dalam rangka meningkatkan pemahaman terhadap berbagai kebijakan dan pelaksanaan Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi, maka Universitas Andalas (UNAND) bersama Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menyelenggarakan sosialisasi mengenai 'Strategi Universitas Andalas Menuju Akreditasi Unggul'  di Convention Hall Kampus Limau Manis, Kamis (17/11).

Sosialisasi ini menghadirkan Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D dan Dr. Slamet Wahyudi, S.T., M.T Anggota Dewan Eksekutif BAN-PT sebagai narasumber serta dihadiri oleh Dr. Hefrizal Handra, M.Soc Wakil Rektor IV, Direktur dan Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas, Ketua Program Studi D3/S1/S2/S3 di lingkungan UNAND.

WR IV menyampaikan saat ini sudah ada beberapa jenjang Program Studi yang sudah terakreditasi unggul diantaranya Kedokteran, Ilmu Sejarah, Teknik Elektro, Sastra Indoneisa, Teknik Mesin, Lingkungan dan lainnya.

“Dengan adanya kegiatan ini tentunya kita dapat mengetahui kebijakan dan pelaksanaan akreditasi perguruan tinggi dan program studi dan juga dapat membantu dalam melakukan evaluasi," sambungnya.

Prof. H. Johni Najwan menyebutkan kegiatan dengan menghadirkan dua narasumber BAN-PT ini telah termasuk cara pertama dalam menjalankan  strategi UNAND menuju akreditasi unggul. 

Secara detail, disampaikannya informasi mengenai kebijakan BAN-PT terhadap peringkat akreditasi PS/PT melalui: re-akreditasi, PEPA, konversi dan penyetaraan akreditasi internasional. "Pada tahap pertama pada standar menuju akreditasi unggul adalah melalui ISK (Instrumen Suplemen Konversi)  ataupun re-akreditasi."

Lebih lanjut, Dr. Slamet Wahyudi selaku anggota dewan eksekutif bidang pengembangan dan instrumen asesor, juga menyampaikan pemahaman terkait mekanisme dan peningkatan peringkat akreditasi perguruan tinggi dan program studi cakupan BAN-PT. 

"kami mengharapkan bahwa UNAND segera menggunggah ISK nya dalam minggu ini agar bisa unggul dibulan ini,"tutupnya.

Humas dan Protokol UNAND