Padang (UNAND) - Perlebar jaringan kerja sama, UNAND tandatangani nota kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT. Pertamina International Shipping, pada Jumat (2/12) di Ruang Sidang Senat Lantai 4 Rektorat kampus Limau Manis. 

Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Mansyurdin menyebutkan kerja sama ini dilakukan karena mengelaborasikan suatu kegiatan dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tidak bisa dilaksanakan secara internal saja. Baik melakukan riset ataupun pengabdian, semuanya harus berorientasi pada kebutuhan masyarakat. 

“Dalam proses pendidikan kita tidak bisa mengandalkan kurikulum sepenuhnya saja, namun pengalaman di luar kampus tentu juga dibutuhkan, sehingga konsep PKS  yang dijalin dengan Pertamina ini dapat berjalan dengan bagus, seperti program magang minimal 3 bulan, atau 6 bulan,” ujarnya.

Menurutnya, program magang yang memakan waktu cukup lama (tidak sebentar) akan lebih membawa manfaat dan tidak merepotkan perusahaan untuk mengajarkam para pemagang, dan saat ini Universitas Andalas tengah berusaha menghapuskan kurikulum magang yang hanya selama 30 hari.

Direktur SDM & Penunjang Bisnis PT. Pertamina International Shipping, Surya Tri Harto, menyebut pihaknya juga menyambut baik kerja sama ini.

“Sebagai institusi bisnis milik negara, aspek saling membantu satu sama lain menjadi hal yang penting. Mudah-mudahan bisa ketemu, jika terjadi suatu problem dari UNAND, ada problem solving dari pihak kami, dan begitupun sebaliknya," tuturnya yang juga merupakan alumni fakultas teknik Universitas Andalas.

Melalui penandatanganan kerja sama ini, ia berharap momentum ini menjadi milestone atau batu loncatan untuk langkah berikutnya, agar hasil kerjasama dapat diwujudkan dan bermanfaat bagi kedua belah pihak. (*)

Humas dan Protokol UNAND