Padang  (UNAND) – Universitas Andalas menyambut Delegasi Kementerian Pendidikan Kerajaan Arab Saudi yang diketuai oleh Asisten Deputi Menteri Kerja sama Internasional Kerajaan Arab Saudi Dr. Abdulrahman Ali Al-Amri beserta rombongan di Ruang Sidang Senat Lantai IV Gedung Rektorat Kampus Limau Manis.

Rombongan Delegasi Menteri Pendidikan Arab Saudi bersama perwakilan empat universitas yakni Dr Sami. Al-Harbi sebagai salah satu delegasi dari Kementerian Pendidikan Kerajaan Arab Saudi Prof. Dr. Hassan Bukhari selaku Dekan Institut Bahasa Arab Universitas Ummul Qura, Dr. Ibrahim Al-Shaedi selaku Dekan Alumni dan kerja sama Internasional Universitas Islam Madinah, Dr. Asmaa Al-Hammadi dari Saudi Electronic University, Dr. Bander Alalaam sebagai Dekan Institut Sains Islam dan Arab di Indonesia.

Lalu, Kamal Al-Wathinani sebagai Delegasi Menteri Luar Negeri, dan Abdullah Alguraini selaku Kepala Unit Humas dan Media Institut Sains Islam dan Arab di Indonesia

Dr. Abdulrahman Ali Al-Amri mengungkapkan Universitas Andalas merupakan salah satu universitas terbaik yang ada di Indonesia, oleh karena itu pihaknya tertarik untuk melakukan kerja sama.

Disampaikannya dalam delegasi Arab Saudi yang datang ke Universitas Andalas terdapat pimpinan dari empat universitas di Arab Saudi. “Namun mereka mewakili semua universitas di negaranya baik negeri maupun swasta,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan saat ini di Arab Saudi terdapat 29 Universitas Negeri dan 34 Universitas Swasta yang siap untuk menjalin kerja sama dengan Universitas Andalas.

“Di sini kami bermaksud melanjutkan kerja sama dalam mencari potensi-potensi untuk memperkuat hubungan, dan juga potensi dalam pengembangan pendidikan dari berbagai sisi, baik itu dari sisi teknologi, riset ilmiah, maupun penemuan baru untuk meningkatkan pendidikan,” ujarnya

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri menyatakan siap untuk melakukan kolaborasi bersama Kementerian Pendidikan Arab Saudi dalam pengembangan kualitas pendidikan diberbagai bidang serta inovasi untuk pengembangan riset dan teknologi.

“Universitas Andalas siap untuk bersama-sama berkolaborasi untuk kemudian dapat melakukan pengembangan baik dalam bidang pendidikan, bidang penelitian, dan bidang lain yang berkaitan dengan inovasi untuk pengembangan riset dan teknologi,” ungkap Rektor.

Acara lalu dilanjutkan dengan pengenalan kampus Universitas Andalas dan diskusi mengenai harapan pengembangan pendidikan serta potensi kerja sama yang dapat terwujud di masa depan antara kedua belah pihak.(*)

Humas dan Protokol UNAND