Padang (UNAND) - Dua mahasiswa Departemen Sistem Informasi Fakultas Teknik Informasi raih double award pada ajang Lomba Esai Tingkat Nasional (LETIN), kerja sama komunitas Nusantara Muda dengan Universitas Triatma Mulia Bali, pada Minggu (3/6).

Keduanya adalah Darma Zidane Gusnambi dan Amalia Sandi Alzahrah, yang berhasil membawa pulang Juara 1 (Gold Medal) dan Juara 3 Umum (Kategori Best of the Best) dengan gagasan di bidang sosial budaya berjudul "PeranArt, Aplikasi Pengembangan Seni Budaya dalam Mengoptimalkan Eksistensi dan Peranan Kawula Muda untuk Kemajuan Kebudayaan Nusantara".

Dalam tulisannya, Zidane menyebutkan ia dan Amalia mengembangkan sebuah aplikasi untuk mensupport seniman-seniman lokal Indonesia dalam memperkenalkan karya mereka ke semua orang. Pemikiran tersebut muncul setelah mereka melihat bahwa hal ini menjadi masalah yang bisa dibilang urgent di bidang sosial budaya, dan mereka berusaha mencari solusi atas masalah tersebut.

“Ditambah lagi latar belakang kami berdua yaitu penari, jadi kami berdua paham tentang masalah apa yang kami angkat dan solusinya, karena diangkat dari experience kita berdua,” ujar Zidane.

Aplikasi yang digagas keduanya, akan turut serta memberdayakan pemuda-pemudi Indonesia melalui skema Duta PeranArt, serta berkolaborasi dengan komunitas hingga pemerintah setempat untuk mengoptimalkan atau mendukung secara penuh pengembangan seniman lokal.

Mengembangkan sebuah aplikasi, menurut Zidane adalah sebuah solusi yang paling tepat yang dapat mereka tawarkan secara langsung sebagai pelajar di Fakultas Teknologi Informasi. Namun, ia tak memungkiri bahwa statusnya sebagai pelajar masih menjadi keterbatasan dalam merealisasikan ide baiknya.

“Harapan kami yaitu bisa dapat mengembangkan ide lebih jauh lagi agar lebih bermanfaat, dan semoga pemerintah atau pihak-pihak terkait yang sudah mendengar ide kami, dapat mensupport secara langsung ide kami, sehingga bukan hanya menjadi sebuah ide tapi juga dapat direalisasikan,” pungkasnya.(*)

 

Humas dan Protokol UNAND