Padang (UNAND) – Rumah Sakit Universitas Andalas melaunching Bank Darah bertepatan dengan peringatan Hari Donor Darah Sedunia pada Rabu (14/6) yang berada di landmark lantai satu.

Peluncuran Bank Darah ini sekaligus talkshow bertajuk give blood, give plasma, share life, share often menghadirkan pembicara, Dr. dr. Yevri Zulfikar SpB, SpU, dr. Ivan SpB, dr. Husni SpPK, dan dr. Widyarman (Kepala UTD PMI Padang).

Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri mengungkapkan dengan adanya Bank Darah ini, Rumah Sakit bisa melayani kebutuhan darah bagi pasien dengan cepat.

Secara prinsip, dikatakannya dengan keberadaan Bank Darah di Rumah Sakit ini, supaya diketahui masyarakat bahwa keluarga pasien tidak perlu jauh-jauh lagi mencari dan mendonorkan darahnya.

“Jadi kebutuhan darah untuk pasien yang ada di Rumah sakit kita ini cepat terlayani, tidak harus jauh menjemput ke kantor PMI Kota Padang yang mana jaraknya cukup jauh dari sini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rektor Yuliandri menyampaikan warga kampus yang terdiri dari seluruh mahasiswa, karyawan, dan masyarakat sekitar dalam berbagai kegiatan donor darah bisa langsung disimpan di Bank Darah ini.

Senada dengan itu, Dewan Pengawas Rumah Sakit Universitas Andalas Dr. Mohammad Sofwan Efendi, M. Ed menyaksikan suatu capaian luar biasa dari Rumah Sakit Pendidikan yakni dua kali mencapai kriteria paripurna, dan hari ini diluncurkan aktivitas kemanusiaan bank darah.

Kalau dirujuk Tridharma Perguruan Tinggi ini merupakan dharma kedua sekaligus dharma ketiga,” ujarnya yang juga menjabat Direktur Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek.

Disampaikannya, ini menjadi bentuk kolaborasi dunia akademik dengan profesi kedokteran bagi pejuang kemanusiaan yang siap meningkatkan kualitas kehidupan.

Sementara itu, Dirut Rumah Sakit Universitas Andalas Dr. dr. Yevri Zulfiqar mengemukakan dengan adanya Bank Darah, pasien tidak perlu lagi beramai-ramai ke PMI, di sini kita sudah siap menyediakan darah untuk kebutuhan pasien.

Untuk ke depannya, dikatakannya dengan sudah adanya Bank Darah, ia memiliki target per dua bulan Bank Darah terisi dengan mengadakan iven-iven aksi donor darah secara rutin.

“Nanti kita akan koordinasikan dengan pimpinan kampus untuk menggilir setiap fakultas melakukan aksi donor darah, dengan rutinnya aksi donor Darah insya Allah kebutuhan darah bagi pasien di Rumah Sakit ini terlayani dengan maksimal,” ujarnya.(*)

Humas dan Protokol UNAND