Dharmasraya (UNAND) - Mahasiswa Inbound perwakilan Negara Vietnam dan Kamboja bersama Fakultas Pertanian Universitas Andalas melaksanakan penanaman 1.000 bibit aren di bantaran sungai batanghari Dharmasraya pada Minggu (25/6).

Sebanyak 33 mahasiswa asing yang terdiri dari mahasiswa Inbound dan juga beberapa mahasiswa dari negara Madagaskar, Timor Leste, dan juga beberapa dosen Fakultas Pertanian Universitas Andalas.

Kepala Departemen Agroekoteknologi Kampus III Universitas Andalas Dr. Edwin saat dijumpai di lokasi menyatakan ini merupakan tindak lanjut Unand menuju WCU melalui pengabdian masyarakat.

"kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan bentuk tindak lanjut Unand menuju world class university,” ujarnya.

Lebih lanjut, Edwin menjelaskan kemampuan pohon aren dalam menangkal banjir di wilayah hulu yang baik terletak pada bagian akarnya yang bisa saling mengikat satu sama lain dengan pohon Aren yang ada di sekitarnya, sehingga memberikan kestabilan bagi tanah agar tidak mudah tergerus atau larut ke aliran sungai.

Maka dari itu, penanaman pohon Aren dilakukan di bantaran sungai Batanghari bersama mahasiswa asing Universitas Andalas. “Kita sengaja mendatangkan mahasiswa dari 4 negara tersebut dan kita ajak untuk menanam pohon aren di pinggir Sungai Batanghari sebagai bagian dari konservasi sungai karena ekosistemnya sudah mulai rusak karena ada pertambangan, penerbangan pohon dan sebagainya,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya IH. Adlisman, S. Sos. M. Si. mengapresiasi terhadap Kampus III Universitas Andalas yang telah melakukan pelestarian konservasi di tepi Sungai Batanghari dengan menanam pohon aren.

Ia berharap melalui kegiatan ini menjadi salah satu cara untuk mempromosikan Kabupaten Dharmasraya ke dunia luar.

Senada dengan itu, Kang Sreynuch salah seorang mahasiswa Inbound asal Kien Giang University merasa senang sekali setelah melakukan penanaman pohon di bantaran sungai batanghari.

"I'm so excited that I can come here and this is my first time to get lots of new experiences, meet new people, make friends, have fun together and I also can get lots of new knowledges from here," tutur Kang Sreynuch.

Tampak hadir dalam kegiatan ini Dekan Fakultas Pertanian Unand Dr. Ir. Indra Dwipa, MS, bersama Wadek I dan II serta Prof. Dr. Ir. Aswaldi Anwar.

Humas dan Protokol Universitas Andalas