Padang (UNAND) – Dalam rangka meningkatkan daya saing dan memperkuat posisi di kancah internasional Universitas Andalas menghadirkan mahasiswa asing dari berbagai jenjang pendidikan mulai S1 hingga S3.

Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset Dr. Eng M. Makky menuturkan setelah menghadirkan dosen asing dari berbagai perguruan tinggi Top Dunia, Universitas Andalas juga mengundang puluhan mahasiswa asing.

Dikatakan Makky, saat ini program pendidikan tinggi di dunia, termasuk Indonesia sedang mengalami transformasi yang sangat cepat, salah satu faktor pendorong internasionalisasi pendidikan tinggi adalah besarnya mobilitas mahasiswa antar negara dan akan semakin besar di masa yang akan datang.

“Universitas Andalas terus berupaya dengan sungguh-sungguh untuk merintis pengakuan internasional dan masuk dalam jajaran 500 besar universitas terkemuka di dunia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Makky mengungkapkan berbagai usaha yang telah dilakukan salah satunya menghadirkan mahasiswa asing dari berbagai perguruan tinggi.

Hal yang sama disampaikan Wakil Rektor IV Universitas Andalas Dr. Hefrizal Handra mengungkapkan Indonesia pada saat ini mengembangkan ekosistem pendidikan yang bertaraf internasional dengan sistem pendidikan tinggi berdaya saing global sehingga mampu menghasilkan sumber daya manusia dan ilmu pengetahuan serta teknologi yang maju.

“Perguruan tinggi harus berpacu dengan cepat untuk beradaptasi dan menerapkan sistem pendidikan terbaik bagi para mahasiswanya, yang pada akhirnya akan mendorong pencapaian berskala internasional bagi institusinya, mahasiswa, dan para tenaga pengajarnya,” terangnya.

Disampaikannya, tantangan untuk mewujudkan hal tersebut tentu tidaklah mudah untuk dihadapi karena dibutuhkan kerja sama yang baik di segala level, mulai dari pimpinan, tenaga pengajar, mahasiswa, dan tenaga kependidikan.

Namun, ia sangat bersyukur karena seluruh civitas Universitas Andalas terus bekerja keras dalam memberikan kinerja dan pencapaian terbaiknya demi kampus.

Ms. Halimatul Sa’adiah Abdullah mahasiswa S3 dari Universitas Putra Malaysia mengungkapkan Universitas Andalas punya potensi besar untuk menjadi perguruan tinggi bereputasi internasional.

“Hal ini dapat dilihat dari potensi yang dimiliki Universitas Andalas seperti jumlah mahasiswa, baik sarjana, maupun pascasarjana yang menjadi subjek bersama para dosen dalam menghasilkan artikel ilmiah bereputasi,” ujarnya.(*)

Humas dan Protokol UNAND