Padang (UNAND) – Mahasiswa baru Universitas Andalas mulai mengikuti pelatihan karakter andalasian pada Selasa (1/8) di Gedung Auditorium Kampus Limau Manis.

Direktur Kemahasiswaan Universitas Andalas Khandra Fahmi, Ph. D menuturkan pelatihan karakter andalasian ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

“Ini gelombang pertama dimulainya pelatihan karakter andalasian, di mana nantinya akan terbagi sebanyak delapan gelombang hingga tanggal 15 Agustus 2023 yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Universitas Andalas baik itu jalur SNBP,SNBT, dan SIMA,” tambahnya.

Khandra merinci jadwal pelatihan karakter ini gelombang I (1/8), Gelombang II (3/8), Gelombang III (7/8), Gelombang IV (8/8), Gelombang V (9/8), Gelombang VI (10/8), Gelombang VII (14/8), dan Gelombang VIII (15/8).

Dilanjutkannya, setiap gelombangnya berlangsung satu hari penuh (pagi-sore) diikuti oleh 900 mahasiswa yang akan ditraining oleh dosen-dosen dari Universitas Andalas bersama asisten trainer.

Sementara itu, Rektor Yuliandri mengucapkan Selamat datang kepada  putra-putri terbaik bangsa, dan Selamat bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Andalas.

“Menjadi insan akademis merupakan langkah awal bagi mahasiswa baru untuk berkontribusi dalam kemajuan Universitas Andalas dan Indonesia,” ujarnya.

Rektor mengungkapkan untuk membangun sisi intelektual,  sisi emosional dan sisi spiritual, Universitas Andalas mengemasnya dalam bentuk Karakter ANDALASIAN

Dikatakannya, secara umum Karakter Andalasian mengajarkan SEJATI yakni Sabar, Empati, Jujur, Adil, Tanggung Jawab dan Ikhlas.

Lebih lanjut, ia menyampaikan Training  Karakter Andalasian ini merupakan bekal awal bagi semua mahasiswa baru pada saat awal bergabung di Universitas Andalas.

“Melalui Training karakter andalasian diharapkan mahasiswa Universitas Andalas mampu mengenal diri, mengenal lingkungan dan mengenal bangsanya, sehingga sadar dari mana kita berasal, untuk apa kita di sini dan ke mana akhir tujuan hidup kita,” pungkasnya.(*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik