Padang (UNAND) - Mineral blok merupakan suplemen atau makanan tambahan yang sudah dipadatkan bagi ternak sapi dan kaya akan mineral dan vitamin untuk memperbaiki nutrisinya.

Manfaatnya bagi pertumbuhan sapi atau ternak ruminansia yakni memperbaiki nilai nutrisi pakan ternak, pencernaan dan Kecernaan zat-zat pakan ternak sapi dan kambing, meningkatkan nafsu makan ternak yang selanjutnya sebagai penyusun tulang dan gigi sapi, serta penyusun nutrisi organik, seperti lipid.

Bagi peternak sapi yang dapat memproduksi puluhan hingga ratusan ekor, penambahan mineral blok untuk pakan ternaknya amat penting, di samping hijauan. Meskipun demikian saat ini penggunaan mineral blok untuk perbaikan nutrisi sapi ini belumlah banyak dan merata di antara peternak di Indonesia khususnya di Padang, Sumatera Barat.

Atas dasar ini, menjadikan Tim Pengabdian Masyarakat Peternakan Unand melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bentuk penyuluhan pemanfaatan mineral blok sebagai sumber pakan di Peternakan sapi Zal farm, Sungai Lareh Kelurahan Lubuk Minturun Kecamatan Koto Tangah Padang pada Kamis 3 Agustus 2023.

Tim ini dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Novirman Jamarun, MSc, dengan anggota Dr. Roni Pazla, S.Pt, MP, Dr. Ir. Elihasridas, MS, Dr. Rusmana Wijaya Setia Ningrat, M. Ruhr, Dr. Gusti Yanti, SP, MP dan Zaitul Ikhlas, M.Pt.

Alasan memilih Peternakan sapi Zal Farm karena pemiliknya Afrizal telah beternak selama 10 tahun dan sering menyediakan sapi kurban bahkan hingga 50 ekor pertahun. Akan tetapi sebagai hijauan pakannya baru dilakukan pemberian jerami, sehingga tidak efektif khususnya untuk pertambahan Berat Badan.

Sehingga perlu adanya tambahan nutrisi karena Jerami padi memiliki kandungan protein 4.6% dan serat kasar 28.80% sehingga kebutuhan ternak tidak terpenuhi sementara sapi potong untuk memenuhi kebutuhannya membutuhkan 12-14 % protein kasar.

Di sinilah tim melakukan penyuluhan sekaligus mengajarkan pembuatan Mineral blok kepada peternak di Zal Farm. Hal ini penting karena untuk menutupi kekurangan diperlukan pakan tambahan seperti mineral blok, Mineral esensial baik makro ataupun mikro sangat dibutuhkan untuk proses fisiologis ternak, terutama ternak sapi pedaging yang hampir seluruh hidupnya bergantung pada pakan hijauan.

Seperti dijelaskan sebelumnya Mineral blok merupakan supplemen yang mempunyai unsur-unsur nutrisi yang lengkap terutama kaya akan unsur mineral, vitamin, dan asam amino. Pada prosesnya pembuatan mineral blok menggunakan bahan yang sederhana yaitu garam, semen dan ultra mineral sapi.

Mineral blok merupakan pakan suplemen yang telah dipadatkan, mengandung berbagai macam mineral dan vitamin, sehingga diharapkan dapat berfungsi meningkatkan nafsu makan, sehingga bobot badan sapi tersebut mengalami peningkatan secara nyata dan terhindar dari defisiensi mineral.

Upaya peningkatan bobot sapi ini bagian dari usaha penggemukan sapi yang sebenarnya cukup strategis untuk meningkatkan taraf hidup petani karena bisa melibatkan semua anggota keluarga.

Dengan PkM ini harapannya peternak dapat meningkatkan kualitas sapi potongnya melalui penambahan berat bobotnya sekaligus meningkatkan pendapatan dari peternak tersebut. (* sudah tayang pada Antarasumbar 4/8)


Pewarta : Dr. Roni Pazla, S.Pt, MP, dan Tim PkM Peternakan Universitas Andalas