Padang (UNAND) - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas (UNAND) mengadakan Peluncuran dan Bedah Buku karya Prof. Dr. Firwan Tan., SE, M.Ec, DEA. Ing., CRBC dengan judul “Rencana Aksi Pengembangan Ekonomi Rakyat: Teori, Fakta dan Aplikasi” di Convention Hall Universitas Andalas Kampus Limau Manis, Selasa (8/8). 

Buku ini memberikan pemikiran tentang cara penyusunan sebuah rencana aksi (action plan) dari suatu masalah yang terkait dengan ekonomi rakyat, dalam kerangka pengentasan kemiskinan nelayan yang tinggal di wilayah pantai pesisir. Dalam buku ini, Prof. Firwan Tan menjelaskan bagaimana perencanaan ekonomi merupakan sebuah aspek keilmuan yang perlu didalami dan dibumikan agar dapat berdampak bagi masyarakat banyak.

Peluncuran buku diresmikan langsung oleh Rektor UNAND Prof. Yuliandri, dan menghadirkan 5 orang pembedah buku dari berbagai latar belakang berbeda:  Sam Salam selaku Ketua Steering Comitte (SC) Musyawarah Provinsi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Sumatra Barat, Drh. Erinaldi, MM selaku Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Sumbar, Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE, MA seorang Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAND, H. Basril Djabar Pengusaha dan Wartawan Senior Sumbar, serta Dr. Alfian Jamrah Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Tanah Datar.

“Sebuah hasil karya ilmiah saya kira tidak akan banyak manfaatnya kalau tidak dibuat untuk diterapkan, saya harap ada tindak-lanjutnya bagi dunia usaha, pengusaha, birokrat dan lainnya,” ujar Dr. Alfian Jamrah.

Hal yang serupa diungkapkan oleh H. Basril Djabar, “Ujung dari buku Prof. Firwan Tan ini adalah bagaimana kita mengaplikasikan buku ini, bagaimana ide-ide yang bagus agar bisa berkembang, bagaimana menjadi bagian dari way of life.”

Sementara itu menurut Drh. Erinaldi, semua kalangan dapat menjadikan buku ini sebagai salah satu pegangan untuk digunakan dalam berbagai aspek pendekatan, baik sosial, ekonomi, dunia usaha, dan sebagainya.

“Buku ini harus digunakan semua kalangan, kalau perlu bisa dilakukan workshop bagi pemerintahan se-Sumatera Barat,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UNAND menyampaikan terima kasih kepada LPPM yang telah mengelola karya-karya dosen dengan baik, sehingga dapat memperkaya referensi akademik khususnya di bidang ekonomi. (*)

 

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik UNAND