Tanah Datar (UNAND) – Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri mengunjungi beberapa lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam selama dua hari (8-9/8).

Adapun lokasi yang dikunjungi Nagari Padang Magek, Nagari Sungayang, Nagari Sungai Tarab, kemudian dilanjutkan dihari berikutnya ke Nagari Magek Kecamatan Kamang Magek, dan Nagari Sariak Kecamatan Sungai Pua.

Rektor Yuliandri menyampaikan sebanyak 5.036 mahasiswa Universitas Andalas menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang tersebar di 13 Kabupaten dan Kota Sumatera Barat (Sumbar).

“Mahasiswa ini tersebar ke 200 Desa atau Nagari yang ada di Sumbar dan juga tiga desa di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi berlangsung selama 40 hari dari tanggal 11 Juli yang lalu hingga 21 Agustus 2023 mendatang,” ucapnya saat mengunjungi Nagari Padang Magek pada (8/8) yang didampingi oleh Kepala UPT Pembelajaran Di Luar Kampus Dr. apt Syofyan.

Ia menuturkan KKN yang diikuti oleh mahasiswa berasal dari berbagai latar belakang disiplin ilmu dengan beragam program salah satunya mengatasi dan menanggulangi stunting serta juga mencarikan solusi dari permasalahan yang ada di nagari.

“Melalui sinergitas bersama, mahasiswa diharapkan mampu menjalankan program KKN dengan baik dan bisa memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat,” ujarnya yang juga dihadiri Sekda Tanah Datar Iqbal Ramadi Payana, M. Si serta Kepala Dinas terkait dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Ir. Is Prima Nanda, ST.

Rektor berpesan kepada mahasiswa yang menjalani KKN untuk tetap menjaga nama baik  diri sendiri, keluarga dan almamater, serta mampu bergaul dan berinteraksi dengan baik di dalam lingkungan masyarakat.

Dalam hal yang sama mahasiswa Universitas Andalas juga mengelar penyuluhan lembaga Bantuan Hukum (LBH) oleh LBH Pusako yang dihadiri oleh masyarakat sekitar, siswa bersama guru SMAN Rambatan, dan juga mahasiswa KKN Universitas Eka Sakti.

Sekda Iqbal mengucapkan terima kasih kepada Universitas Andalas yang telah menempatkan mahasiswanya untuk berKKN di Kabupaten Tanah Datar dengan jumlah 574 orang tersebar 13 kecamatan dan 24 nagari salah satunya Nagari Padang Magek.

Suatu kehormatan bahwa daerah kami dipercaya untuk melakukan pengabdian mahasiswa yang dikenal sebagai agent pembangunan untuk membawa sesuatu hal yang baru dan bisa diterima  serta diaplikasikan ditengah-tengah masyarakat.(*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik