Padang (UNAND) – Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Andalas mengikuti kegiatan Penerimaan dan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).

Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri mengemukakan kegiatan PPKMB ini dibingkai dalam rangkaian kegiatan Bimbingan Aktivitas Kemahasiswaan dalam Tradisi Ilmiah (BAKTI) mahasiswa baru.

Ia mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru yang akan menempuh pendidikan di Universitas Andalas. “Ananda semua merupakan insan terbaik dari ketatnya persaingan sesama calon mahasiswa, selamat datang dan selamat bergabung sebagai keluarga besar Universitas Andalas,” ujarnya pada Senin (21/8).

Dikatakannya, kegiatan BAKTI ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa antara lain agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di perguruan tinggi, menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara.

Lalu, memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa, sebagai insan dewasa, untuk diri dan lingkungan sekitar, membentuk karakter mahasiswa yang mengandalkan kecerdasan berpikir, kedewasaan dalam bertutur dan bertindak, anti kekerasan, anti perundungan, antinarkoba, serta bermatabat.

Kemudian, memperkenalkan pentingnya aspek keselamatan, kesehatan kerja, dan menjaga kesehatan lingkungan kampus, dan merancang hari esok generasi unggul yang mandiri dan bertanggung jawab, dan menjadi pembelajar yang lincah dan tangguh.

Lebih lanjut, ia menyampaikan program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM), merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

“Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil juga memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui realitas dan dinamika lapangan,” terangnya.

Ia berharap keberhasilan dalam menuntut ilmu dirangkai dengan merajut masa depan di Universitas Andalas menjadi motivasi awal untuk mulai menghadapi dan memenangkan persaingan berikutnya dalam meraih cita-cita dan memenuhi doa dan harapan orang tua.

Pembekalan ini diisi materi dari Danrem 032 Wirabraja, materi dari Wakil Rektor I, II, III, dan IV Universitas Andalas, Satgas PPKS, Polsek Pauh, dan juga dari Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional. (*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik