Padang (UNAND) - Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-78 yang juga HUT Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI ke-78, UNAND adakan kuliah umum dengan tema “Peran Kementerian Luar Negeri dalam Pelaksanaan Diplomasi Soft Power Indonesia”, kerja sama Direktorat Diplomasi Publik dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas yang bertempat di Convention Hall UNAND pada Senin (21/08).

Menteri Luar Negeri Indonesia Dra. Retno Lestari Priansari Marsudi, LL.M hadir secara virtual sebagai keynote speaker, serta bertindak sebagai narasumber adalah Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kemlu RI Dr. Teuku Faizasyah, M.I. Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNAND, Dr. Muhammad Yusra, S.IP, M.A bertindak sebagai moderator diskusi.

Menlu Retno menyampaikan bahwa Indonesia memiliki peran sentral dalam menjembatani dialog negara-negara ASEAN. 

”Trust dari negara-negara ASEAN tidak diperoleh jatuh dari langit begitu saja. Tapi diperoleh melalui perjuangan panjang dari presiden-presiden sebelumnya yang terus konsisten menjalankan politik luar negeri bebas aktif. Indonesia akan terus memfasilitasi dialog inklusif antar negara,” ujarnya.

Sementara itu menurut Dr. Teuku Faizasyah, M.IS, pemerintah memiliki tiga fokus dalam melaksanakan soft power diplomacy : pertama, meningkatkan people-to-people contact antar negara. Kedua, menyebarluaskan informasi tentang kebijakan hubungan luar negeri dan capaian diplomasi. Ketiga, merangkul dan memengaruhi opini publik di dalam dan luar negeri.

Dalam sambutan Rektor UNAND Prof. Yuliandri, SH, MH menyampaikan bahwa alumni-alumni UNAND tidak sedikit yang menjadi Duta Besar dan ASN di Kemlu. 

”Sebut saja Bapak Al-Busyra Basnur alumni Fakultas Hukum Unand yang sekarang menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Etiopia merangkap Republik Jibuti dan Uni Afrika di Addis Ababa. Kemudian juga ada Bapak Denny Abdi alumni Fakultas Ekonomi UNAND yang sekarang menjabat Duta Besar Indonesia untuk Vietnam,” terangnya.

Kuliah umum diikuti dengan sesi diskusi serta tanya jawab antara para peserta yang terdiri dari mahasiswa hingga dosen selingkungan UNAND dengan narasumber.

 

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik UNAND