Padang (UNAND) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Fakultas Teknik Universitas Andalas menfasilitasi uji sertifikasi kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Vokasional bidang Konstruksi.

Berlangsung selama dua hari mulai dari 12 - 13 Oktober 2023 yang bertempat di Perpustakaan lantai 5 Kampus Limau Manis diikuti lebih kurang 200 mahasiswa teknik tingkat akhir dan fresh graduate dari berbagai Prodi.

Selain itu, kegiatan ini juga menggelar Kuliah Umum dengan tema “Peran serta Generasi Muda/Mahasiswa dalam Pembangunan & Peningkatan Konstruksi di Indonesia menghadirkan Prof. Manlian Ronald A. Simanjuntak, ST., MT., D.Min., IPU., ASEAN Eng sebagai narasumber.

Kepala Jasa Konstruksi wilayah (BJKW) I Banda Aceh Indra Suhada., S.T., M.T mengatakan meningkatkan kemampuan SDM bidang jasa konstruksi yang berkelanjutan sangat diperlukan melalui uji sertifikasi dan kompetensi.

“Hal ini agar SDM yang dihasilkan produktif dan kompeten serta memiliki mental dan moral yang baik menjadi tantangan dan tanggungjawab Bersama,” ujarnya.

Dikatakannya, bagaimana pun canggihnya teknologi pada akhirnya kompetensi dan kualitas SDM menjadi tentu jalannya sistem. “Apalagi peluang kerja konstruksi khususnya di Sumatera Barat cukup besar, sehingga memerlukan tenaga manusia yang terampil di bidangnya,” sambung Indra.

Ia berharap seluruh peserta, dapat lulus uji kompetensi sehingga mendapatkan sertifikat kompeten yang menjadi bekal menghadapi dunia kerja.

Wakil Rektor III Universitas Andalas Ir. Insannul Kamil, Ph. D mengemukakan industri konstruksi sedang bertransformasi sesuai dengan visi Presiden Jokowi untuk mengakselerasi pembangunan infrastruktur.

“Hampir tidak ada kemajuan suatu negara tanpa ada kemajuan dari infrastruktur, salah satu prasyarat negara maju adalah infrastrukturnya harus baik,” tuturnya.

Ia mengingatkan peserta yang mengikuti kegiatan ini agar memanfaatkan kesempatan yang sudah difasilitasi oleh Kementerian PUPR. “Sebab kesempatan tidak datang dua kali, ini peluang sangat bagus untuk karir di masa depan,” pungkasnya.

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik UNAND