Padang (UNAND) - Tim Andalas Naval Research and Development (ANRD) Universitas Andalas berhasil lolos ke tahap final lomba 2023 Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2023.

Tim ANRD berhasil masuk ke tingkat nasional dengan mengirimkan dua perwakilan di kategori Pembuatan dan Performa Prototype Kapal Pariwisata Autonomous Tourism Survace Vessel (ATSV) serta kategori Pembuatan dan Performa Prototype Kapal Pariwisata Leisure Boat Fuel Engine Remote Control (LBFERC).

Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Mansyurdin, MS mengungkapkan kegiatan ini merupakan Salah satu program Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) di bidang riset dan inovasi yang berada di bawah Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“KKCTBN kali ini bertujuan untuk mengembangkan talenta peserta didik di jenjang pendidikan tinggi agar dapat memberikan kontribusi dalam memajukan sektor pariwisata serta menguasai teknologi kemaritiman, digital, otonom, dan realitas tambahan,” ujarnya pada Kamis (20/10) yang didampingi Direktur Kemahasiswaan Khandra Fahmi, Ph. D.

Prof. Mansyur berharap tim dari Universitas Andalas dapat meraih hasil yang terbaik dan mengharumkan nama almamater dalam ajang bergengsi ini.

Sementara itu, Ketua Tim Aditia Nanda mengatakan tim ini telah berhasil melewati beberapa tahap seleksi sebelum lolos ke tahap Nasional. “Pada seleksi tahap pertama di mana setiap tim diminta untuk mengumpulkan proposal mengenai pembuatan kapal, Selanjutnya di laksanakan seleksi tahap kedua diminta untuk mempresentasikan dan memperlihatkan sistem kerja kapal cepat kepada dewan juri melalui zoom meeting,”  terangnya.

Dikatakannya, perlombaan KKCTBN tahun 2023 secara umum terbagi atas beberapa yakni kategori kontes Lomba Desain Kapal Pariwisata (DRR, DIT, dan DII), Lomba Pembuatan dan Performa Prototipe Kapal Pariwisata (ATS, LBERC,dan LBFERC)

Aditia mengatakan pelaksanaan seleksi nasional berlangsung di Universitas Indonesia pada tanggal 22 – 25 Oktober 2023. “Tim ini dibimbing langsung oleh Dr.Eng. Dendi Adi Saputra M, S.T., M.T dan bapak Prof. Dr. Eng. Lovely Son, S.T.,M.T,” ujarnya.

Dikatakannya, tim telah menyiapkan kapal prototype dengan sistem kerja otomasi dan kapal prototype dengan sistem propulsi menggunakan bahan bakar untuk di lombakan pada ajang ini.  (*)

Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Publik