Bukittinggi (UNAND) - Universitas Andalas tahun ini terpilih menjadi tuan rumah Forum Komunikasi Komite Audit Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (FKKA PTN-BH). Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat Komite Audit dari 17 PTNBH di seluruh Indonesia, diselenggarakan pada Rabu hingga Kamis (18-19/10) secara luring di Balai Sidang Bung Hatta, Kota Bukittinggi.

Agenda yang dilaksanakan dua kali setahun ini bertujuan untuk menjalin komunikasi antar sesama anggota Komite Audit PTN-BH guna berbagi pengalaman dalam pelaksanaan tugas, peningkatan kapasitas anggota, memperbarui pengetahuan, dan tentunya meningkatkan kompetensi para anggota Komite Audit. Komite Audit sendiri merupakan perangkat di sebuah PTN-BH yang berada di bawah Majelis Wali Amanat (MWA) dengan tugas utama yaitu melakukan pengawasan pada bidang non-akademik, yang meliputi lingkup organisasi, keuangan, kemahasiswaan, ketenagaan serta sarana dan prasarana.

Kegiatan kali ini menitikberatkan fokus pada tiga capaian utama, yaitu perguruan tinggi yang akuntabel, berkualitas global, dan terjangkau. Diskusi utama diisi oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara, Dr. Sally Salamah.

Sementara itu, ketua Forum Komite Audit, Dr. Agus Joko Pramono, M.Acc menyebut, komite audit ini lahir dari perlunya informasi yang reliable terkait hasil audit di perguruan tinggi dalam mendukung pendidikan.

“Kami ingin membuat forum komunikasi ini (sebagai wadah) penyamaan persepsi antara peran komite audit, mau diposisikan seperti apa, dalam konteks governance perguruan tinggi secara khusus, dan pendidikan secara umum,” ujarnya.

Selain membahas tentang pengelolaan pendidikan tinggi dalam tiga aspek: akuntabel, berkualitas global, dan terjangkau, dipaparkan pula mengenai Kebijakan Kelembagaan yang disampaikan oleh narasumber Emmanuel Agust Hartono (Direktur Keuangan dan Umum LPDP), serta Tri Estiningsih, S.E., M.Si., Ak., CA., ACPA. (Pemeriksa Ahli Madya BPK Provinsi Sumatera Barat).

Digelar selama dua hari penuh, para peserta yang hadir juga diajak mengunjungi berbagai destinasi wisata dan bersejarah Kota Bukittinggi dalam rangkaian City Tour yang dipersembahkan oleh Pemerintah Kota Bukittinggi, setelah sebelumnya disambut dengan hangat dalam Gala Dinner di Rumah Dinas Walikota Bukittinggi pada Rabu malam.

 

Humas, Protokol, dan Layanan Informasi Publik UNAND